iPad 2017 Jadi Gadget Apple Pertama Tanpa Tombol "Home"?

Kompas.com - 30/11/2016, 07:42 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pekan lalu, Apple dikabarkan bakal merilis iPad teranyar dengan varian ukuran baru. Jika sebelumnya sudah ada iPad 7,9 inci, 9,7 inci, dan 12,9 inci, maka keluaran selanjutnya disebut-sebut berdimensi 10,5 inci.

Kini, satu lagi bocoran yang terkuak soal iPad tersebut. Menurut sumber dalam, Apple akan menghapus tombol home pada iPad 10,5 inci, sebagaimana dilaporkan GSMArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (30/11/2016).

Tombol home sendiri pada iPad biasanya terletak di sisi bawah layar. Posisinya pas di tengah dan berdisi sendiri tanpa ada teman tombol lainnya.

Jika informasi yang beredar benar, desain tanpa tombol home baru pertama kali diusung Apple pada perangkat mobile buatannya. Belum pernah ada iPad atau iPhone yang tak punya tombol home selama ini.

Sayangnya, sumber yang berasal dari Taiwan itu masih irit bicara tentang mekanisme kerja iPad tanpa tombol home. Beberapa orang memprediksi fungsi tombol home akan digantikan gestur tertentu atau tombol virtual.

Masih menurut sumber yang enggan membuka identitasnya, iPad 10,5 inci digadang-gadang bakal mengusung desain tanpa bezel alias bezelless.

Hal ini mungkin tak terlalu mengejutkan, sebab desain bezelless memang diramalkan akan jadi tren 2017. Bahkan, desain demikian diproyeksikan sebagai masa depan perangkat elektronik.

Selain soal ukuran, desain, dan tombol home, belum ada isu-isu lain terkait iPad terbaru. Spesifikasi dan fitur yang tertanam pada perangkat itu belum terendus.

Semua informasi yang beredar pun sejatinya tak bisa dipercaya 100 persen. Apple belum mau mengonfirmasinya, sehingga pengguna harus menunggu kebenarannya pada acara peluncuran iPad tersebut.

Menurut sumber, iPad 10,5 inci akan dirilis dalam sebuah acara yang digelar pada Maret mendatang. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.