Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2016, 10:43 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ada masanya di mana Facebook tidak hanya digunakan sebagai jejaring sosial saja. Dahulu, Facebook masih banyak digunakan untuk bermain game, meski kini aktivitas tersebut sudah mulai banyak berkurang.

Menyadari hal tersebut, Facebook kembali berupaya membuat para penggunanya aktif bermain game. Namun, tidak melalui laman utamanya seperti dahulu, melainkan aplikasi Messenger di mobile.

Ya, Facebook baru saja merilis beberapa game di aplikasi Messenger untuk iOS dan Android. Pengguna bisa memainkan game tersebut dengan sesama pengguna lewat aplikasi chatting tersebut.

Facebook mengungkapkan sudah dan akan membawa fitur game ini ke 30 negara. Pengguna Indonesia sendiri tampaknya harus sedikit bersabar. Pasalnya, menurut pantauan KompasTekno, Rabu (30/11/2016), fitur tersebut hingga berita ini ditayangkan belum tersedia.

Ada beberapa judul game menarik yang telah disiapkan oleh jejaring sosial terbesar itu. Di antaranya, Pac-Man, Galaga, Space Invaders, Puzzle Bobble, dan Word With Friends: Frenzy.

Untuk memainkan game di Messenger, pengguna harus meng-update aplikasi tersebut terlebih dahulu. Kemudian, tinggal pilih teman yang ingin diajak bermain.

Caranya, buka sebuah percakapan dengan teman, kemudian tekan tombol game controller yang berada di bawah kotak pesan. Terakhir, pilih game yang ingin dimainkan.

Para pengguna juga bisa menemukan game di kotak pencarian Messenger dengan mengetik judul game yang akan dimainkan.

"Setelah Anda menyelesaikan sebuah permainan, teman yang ada di percakapan akan melihat skor Anda dan punya kesempatan untuk menantang kembali," tulis Facebook dalam situs resminya.

Facebook mengklaim, saat ini ada 1 miliar orang pengguna Messenger setiap bulannya. Kehadiran game di Messenger bisa dikatakan untuk membuat penggunanya betah berlama-lama dan tentunya untuk menambah jumlah pengguna baru.

Untuk mengunduh Messenger di iOS, silahkan kunjungi tautan berikut. Sementara itu, Messenger versi Android ada di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Facebook
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.