Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Film di Netflix Bisa Ditonton Sepuasnya Tanpa Internet

Kompas.com - 01/12/2016, 07:43 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Selama ini Netflix berpegang teguh pada prinsipnya sebagai layanan video-streaming berbasis internet. Dalam beberapa kesempatan, Netflix sesumbar tak bakal menawarkan mode offline pada pelanggannya.

Prinsip itu kini bergeser. Pelanggan Netflix sudah bisa menonton film sepuasnya tanpa harus terkoneksi internet.

Keputusan Netflix memboyong kemampuan offline bukan tanpa alasan. Netflix sedang gencar mengekspansi cakupan layanannya di berbagai negara. Di saat bersamaan, koneksi internet di negara-negara berkembang bisa dibilang belum memadai.

Baca: Netflix di Indonesia Perlu Internet Sekencang Apa?

Alhasil, penetrasi pelanggan di negara berkembang bakal lambat karena mekanisme kerja Netflix belum didukung infrastruktur yang ada.

Netflix Nonton film Netflix bisa offline.
Dengan adanya mode offline, pelanggan bisa mengunduh terlebih dahulu konten yang ingin ditonton ketika sedang menerima koneksi internet yang baik.

Atau, ketika mau berangkat menggunakan pesawat dan harus mengaktifkan airplane mode, pengguna juga bisa lebih dulu mengunduh film yang ingin dinikmati selama perjalanan.

"Cerita kesukaan Anda kini tersedia untuk diunduh (download) kapan saja," kata perwakilan Netflix, sebagaimana dikutip Engadget dan dihimpun KompasTekno, Kamis (1/12/2016).

Fitur offline ini diluncurkan bertahap mulai hari ini untuk pengguna iOS dan Android.

Bagi pengguna yang memakai Telkom dan Telkomsel tentu saja tidak bisa menikmati fitur baru ini karena kedua operator pelat merah ini masih memblokir layanan Netflix. (Baca: Ini Alasan Telkom Memblokir Netflix)

KompasTekno sendiri sudah bisa menjajal kemampuan tersebut.

Pastikan Anda memperbarui aplikasi lewat Google Play Store dan Apple App Store. Setelahnya, ketika membuka aplikasi, Anda akan disodorkan pemberitahuan terkait offline mode.

Pada tiap film atau serial televisi, akan ada ikon unduh yang bisa Anda pilih ketika ingin menyaksikan konten secara offline nantinya. Pada penyetelan default, kemampuan unduh dimungkinkan ketika sedang terkoneksi Wi-Fi.

Anda bisa mengubah penyetelannya jika ingin mengunduh film kapan pun dengan koneksi internet pribadi. Selamat mencoba!

Baca: Telkom: Netflix Tidak Sopan dan Mengadu Domba Kita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com