Resmi, Ponsel Nokia "Comeback" Awal 2017 dengan Android

Kompas.com - 02/12/2016, 09:58 WIB
Render grafis Android Nokia C1 yang beredar di Weibo. WeiboRender grafis Android Nokia C1 yang beredar di Weibo.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Kabar yang menyebut Nokia bakal "comeback" pada awal 2017 akhirnya terkonfirmasi. HMD yang tak lain adalah pemegang lisensi kekayaan intelektual beserta merek "Nokia" telah mengiyakannya lewat keterangan pers.

"HMD akan membawa smartphone Nokia generasi terbaru. Produk pertama akan diluncurkan pada semester pertama 2017," begitu yang tertera pada keterangan pers, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (2/12/2016) dari PRNewsWire.

Merek Nokia akan kembali ke pasar ponsel dunia dengan smartphone-smartphone Android yang dirancang dan diproduksi oleh HMD.

Meski demikian, belum tertera tanggal pasti peluncuran ponsel Android Nokia pertama ini. Disinyalir, ajang Mobile World Congress (MWC) yang digelar pada Februari mendatang di Barcelona akan dijadikan momentum yang pas.

Sebab, Nokia dan HMD sama-sama telah menyewa area pada ajang MWC. Nokia bakal berada di main hall, sementara HMD memilih area convention center.

Hal ini belum dikonfirmasi oleh HMD ataupun Nokia. Pada situs resminya, Nokia hanya menyebut bahwa pihaknya sedang sibuk mempersiapkan lini smartphone bersistem operasi Android. Tak ada tanggal yang diungkap.

Baca: Microsoft Pastikan Kehadiran 2 Ponsel Android Nokia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, pada Mei lalu, unit bisnis ponsel Nokia dialihkan ke FIH Mobile dari Microsoft. FIH tak lain adalah anak usaha raksasa perakit smartphone, Foxconn. Dalam waktu berdekatan, Nokia juga mengumumkan telah melisensikan properti intelektual mereka berikut merek "Nokia" ke perusahaan baru, HMD Global.

HMD Global dan FIH Mobile sudah bersinergi dan membagi peran masing-masing. HMD merancang mobile gadget di bawah bendera Nokia, sementara produksinya diserahkan ke FIH. Nah, FIH dan HMD-lah yang memikul beban untuk mengembalikan kejayaan Nokia di industri ponsel.

Ada tiga smartphone Nokia yang digadang-gadang bakal meluncur pada 2017 mendatang. Dua di antaranya disebut premium, sementara satunya diproyeksikan untuk kelas menengah ke bawah. Dua nama yang bocorannya ramai beredar adalah Nokia D1C dan P1. Kita tunggu saja.

Baca: 2017, Smartphone Nokia Dipastikan Comeback



Sumber PRNewswire

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.