Kompas.com - 02/12/2016, 11:25 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Android Wear 2.0 benar-benar sepi peminat. Banyak perusahaan besar yang menyatakan tidak akan merilis perangkat berbasis OS jam tangan terbaru bikinan Google tersebut.

Kabar terbaru datang dari Moto, anak usaha Lenovo. Perusahaan asal China tersebut menjadi vendor berikutnya yang menyatakan tidak akan merilis smartwatch berbasis Android Wear 2.0, bahkan generasi setelahnya.

Dalam sebuah wawancara dengan situs The Verge, Head of Global Product Development Moto Shakil Barkat membeberkan bahwa pasar smartwatch saat ini tidak begitu populer. Oleh karena itu, Moto akhirnya memutuskan untuk tidak mengembangkan dan memasarkan Moto 360 (smartwatch bikinan Moto) terbaru di tahun 2016.

Keputusan menghentikan pengembangan jam tangan pintar pun dikatakannya masih akan berlanjut pada tahun 2017 mendatang, hingga tahun-tahun sesudahnya. Android Wear 2.0 sendiri bakal dirilis tahun depan, yang dapat diartikan Moto tidak akan merilis perangkat berbasis OS tersebut.

"Wearable tidak memiliki daya tarik yang cukup bagi kami untuk melanjutkan pengembangannya dari tahun ke tahun," tutur Barkat, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Jumat (2/12/2016). Pernyataan ini yang dianggap sebagai kepastian Moto berhenti memasarkan jam tangan pintar.

Keputusan ini tampaknya menjadi pukulan berat baru bagi Google. Sebelumnya, Huawei dan LG pun sudah menyatakan tidak akan membuat smartwatch berbasis Android Wear 2.0.

Baik LG, Huawei, dan Motorola sebenarnya merupakan rekanan setia Google. Ketiganya cukup rajin merilis jam tangan pintar berbasis OS tersebut.

Untuk Moto sendiri, saat ini sudah merilis dua smartwatch, yakni Moto 360 dan Moto 360 generasi dua. Perangkat generasi kedua dijanjikan bakal mendapatkan update Android Wear 2.0 saat dirilis nanti. Sementara itu, generasi pertama tidak akan kebagian update.

Meski begitu, apabila pasar kembali berkembang, Moto menyatakan akan kembali mempertimbangkan untuk kembali ke bisnis jam tangan pintar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.