Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Bos Foxconn Dituduh Curi 5.700 iPhone Senilai Rp 21 Miliar

Kompas.com - 03/12/2016, 09:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Seorang mantan manajer senior Foxconn didakwa telah menyelundupkan sebanyak 5.700 unit iPhone dari fasilitas pengujian. Perangkat curian tersebut kemudian dijual ke toko retail di wilayah Shenzhen dengan nilai 1,56 juta dollar AS atau sekitar Rp 21 miliar.

Foxconn merupakan salah satu pabrik produksi gadget terbesar di dunia. Perusahaan tersebut diketahui merakit smartphone untuk Sony dan juga Apple (iPhone). Perangkat hasil produksi pabrik akan diuji di pusat pengujian yang salah satunya terletak di wilayah Shenzhen.

Manajer tersebut hanya diidentifikasi bermarga Tsai. Yang pasti, ia bekerja di bagian pengujian perangkat.

Tsai diduga melakukan tindakan pencurian sepanjang 2013 dan 2014. Manajer ini melibatkan 8 orang pegawai pengujian lainnya.

Informasi yang dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (3/12/2016), unit yang dicuri  terdiri dari iPhone 5 dan iPhone 5S.

Saat itu, kedua jenis iPhone tersebut sebenarnya dikirimkan ke Foxconn untuk diuji. Namun, alih-alih melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedurnya, Tsai dan rekan-rekannya malah menjual iPhone uji coba itu.

Tindakan Tsai diketahui saat Foxconn melakukan audit internal dan menemukan kejanggalan. Akhirnya, perusahaan pun melaporkan masalah tersebut kepada pihak berwajib.

Akibat tindakan ini, Tsai digugat telah melakukan tindak pelanggaran kepercayaan dan dituntut hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Sebelum peristiwa pencurian yang dilakukan Tsai, Foxconn juga pernah mengalami hal serupa. Tepatnya pada 2014 lalu, lima orang mantan pegawai raksasa teknologi Taiwan itu digugat dengan tudingan pelanggaran kepercayaan.

Kelima pegawai yang dimaksud meminta uang senilai 160 juta dollar Taiwan atau sekitar Rp 67,4 miliar kepada para pemasok barang. Uang tersebut diminta di luar prosedur perusahaan, dengan dalih sebagai biaya melancarkan proses quality check (QC) dan membeli pasokan barang mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com