Awas, Jangan Pakai "Charger" Palsu untuk iPhone

Kompas.com - 03/12/2016, 11:05 WIB
Salah satu gambar di situs Apple China yang menerangkan ciri-ciri charger iPhone 5 asli AppleSalah satu gambar di situs Apple China yang menerangkan ciri-ciri charger iPhone 5 asli
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Charger orisinal buatan Apple memang dibanderol cukup mahal. Kabel dan charger bisa saja dijual dengan harga sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000.

Banyak orang yang menyikapi hal tersebut dengan membeli charger palsu yang dibanderol jauh lebih murah. Namun, tahukah Anda, charger yang satu itu ternyata berbahaya dan berpotensi merusak iPhone Anda?

Untuk membuktikan hal itu, perusahaan independen UL Laboratory melakukan serangkaian uji coba keamanan terhadap berbagai charger palsu yang dijual di toko online. Contoh pengujian dengan cara mengalirkan listrik dalam voltase tinggi untuk melihat ketahanan, aliran, dan kemungkinan kegagalan isolasi arus.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari BGR, Sabtu (3/12/2016), hasil pengujian itu benar-benar buruk. Dari 400 charger palsu yang diuji, 397 di antaranya gagal memenuhi prosedur pengujian keamanan.

“Tingkat kegagalan rata-ratanya sangat tinggi, melebihi 99 persen. Dari 400 unit yang diuji, hanya tiga yang berhasil melewati pengujian keamanan dasar dan perlindungan dari kejutan listrik. Sedangkan 12 unit di antaranya didesain sangat buruk sehingga berpotensi menyetrum pengguna,” demikian tertulis dalam laporan penelitian UL Laboratory.

Hal ini tidak berarti 99 persen charger palsu yang dipakai akan menyetrum penggunanya. Namun karena tidak memiliki mekanisme keamanan yang benar, charger palsu tersebut tidak bisa menahan lonjakan daya listrik yang terjadi tiba-tiba dan bisa mengakibatkan ponsel rusak atau terbakar.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan charger asli. Pasalnya, charger palsu, berdasarkan hasil penelitian, tidak memiliki tingkat keamanan yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya, bisa pakai charger di luar bikinan Apple

Sekedar diketahui, Anda tak harus menggunakan charger orisinal buatan Apple agar tetap aman. Apple sendiri memberikan pilihan lain pada pengguna, yakni aksesori buatan perusahaan lain yang sudah resmi mendapatkan sertifikasi.

Nah, charger ini biasanya dibuat di bawah bimbingan program “Made for iPhone”. Produsen charger tersebut pun membayar biaya lisensi, sebagai ganti izin untuk menggunakan konektor Lightning dan berbagai sirkuit buatan Apple.

Halaman:


Sumber bgr

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.