X-A10, Kamera "Mirrorless" Termurah Fujifilm - Kompas.com

X-A10, Kamera "Mirrorless" Termurah Fujifilm

Kompas.com - 03/12/2016, 13:11 WIB
PetaPixel Fujifilm X-A10

KOMPAS.com - Fujifilm mengumumkan kamera mirrorless terbarunya, X-A10. Ini merupakan kamera dengan harga termurah di seri mirroless X bikinan Fujifilm.

Kamera yang berada di kelas pemula ini dibanderol seharga 499,95 dollar AS atau sekitar Rp 6,7 juta. Harga tersebut dibanderol untuk paket bodi kamera plus lensa kit 16-50mm f/3.5-5.6 OIS II.

Meski merupakan kamera baru, sebagaimana KompasTekno lansir dari PetaPixel, Sabtu (3/12/2016), X-A10 ini sebenarnya masih mirip dengan X-A2. Kemampuan dan "jeroannya" pun mirip.

Namun X-A2 yang merupakan pendahulunya itu, saat perilisan dibanderol lebih mahal, yakni 550 dollar AS atau sekitar Rp 7,4 juta.

Pengguna X-A10 bakal mendapatkan sebuah sensor APS-C setajam 16,3 megapiksel, yang memakai sususan filter warna Bayer, bukan X-Trans. Ada juga kemampuan bawaan berupa ISO yang mencakup rentang 200 hingga 6400, dan bisa diperluas hingga 25.600.

Fujifilm mengedepankan X-A10 ini untuk calon pengguna yang gemar memotret selfie, dengan cara menyematkan LCD yang bisa ditekuk hingga 180 derajat.

Saat ditekuk 180 derajat, LCD yang merupakan sarana membidik gambar itu akan berada di posisi menghadap arah lensa. Pengguna yang ingin memotret selfie jadi bisa melihat posisi bidiknya sambil mengarahkan kemera ke wajah sendiri.

Selain itu, Fujifilm juga menyelipkan beberapa fitur yang spesifik bertujuan memudahkan kegiatan selfie. Antara lain berupa eye-detection AF yang otomatis menyala di mode selfie, mengubah tombol dial di bagian belakang menjadi alat kendali shutter, dan pendeteksi yang membuat kamera otomatis memotret saat mengetahui subjek sedang tersenyum.

Bahkan, raksasa fotografi Jepang itu juga menambahkan sebuah Portrait Enhancer, yakni mode yang berfungsi membuat kulit subjek foto jadi lebih mulus dan putih.

Fujifilm X-A10 rencananya akan mulai dijual di sejumlah negara pada Januari 2017. Namun belum diketahui kapan kamera ini akan masuk ke Indonesia.


EditorDeliusno
SumberPetaPixel

Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X