Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Aktifkan 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3 Resmi

Kompas.com - 03/12/2016, 18:05 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini smartphone Xiaomi Redmi Note 3 memang dirilis resmi dalam kondisi 4G terkunci. Itu artinya, pengguna tidak bisa menggunakan jaringan tersebut.

Namun pengguna tak perlu khawatir, sebab ternyata ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk membuka koneksi 4G tersebut.

Pengguna yang ingin memakai koneksi 4G di Redmi Note 3 bisa memanfaatkan menu rahasia Android. Cara ini tetap bisa dipakai meski ponsel sudah diperbarui ke MIUI versi 8.

Selengkapnya, pada Sabtu (3/12/2016), berikut ini KompasTekno rangkum cara menyalakan koneksi 4G tersebut:

1. Pastikan memakai kartu SIM 4G

Sebelum memulai cara ini, pastikan kartu SIM yang dipakai sudah mendukung jaringan 4G LTE. Bila belum memilikinya, tukarkan kartu tersebut di gerai penyedia layanan yang Anda gunakan. Kemudian pasanglah kartu SIM ini di slot pertama.

2. Nyalakan Airplane Mode

Bila sudah menggunakan kartu SIM 4G, Anda bisa mulai mengikuti cara ini. Pertama, nyalakan Airplane Mode untuk mematikan koneksi ke jaringan dan bukalah slot kartu SIM.

Tujuan membuka slot ini supaya kartu yang ada di dalam tidak terdeteksi oleh sistem, jadi Anda cukup melonggarkannya saja.

3. Masuk ke menu rahasia

Berikutnya, buka menu panggilan telepon dan ketik *#*#4636#*#*. Ini merupakan cara pintas untuk masuk ke salah satu menu rahasia milik ponsel bersistem operasi Android.

screenshot Menu rahasia Android bisa dimanfaatkan untuk membuka koneksi 4G di Xiaomi Redmi Note 3
Isinya adalah pengaturan koneksi jaringan milik ponsel Anda. Begitu menu ini terbuka, segera pilih Phone Information 1 dan geser ke bagian paling bawah.

Cari tulisan “Set preferred network type”. Kemudian klik tulisan tersebut agar muncul berbagai daftar jaringan yang didukung oleh Redmi Note 3. Biasanya akan muncul berbagai jenis koneksi, mulai dari 2G, CDMA, 3G, hingga 4G.

Untuk diketahui, menu pilihan jaringan itu tidak akan bisa diubah jika Anda memakai Redmi Note 3 dalam keadaan kartu SIM terpasang. Karena alasan itulah Anda mesti melepasnya dulu.

4. Aktifkan CDMA Only

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com