4 Alasan Orang Tinggalkan Facebook, Instagram, dan Twitter

Kompas.com - 04/12/2016, 13:03 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan keamanan cyber Kaspersky Lab di 12 negara menunjukkan empat alasan mengapa orang meninggalkan jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Alasan terbesarnya adalah, jejaring sosial dianggap hanya membuang-buang waktu.

Dalam blog resminya, seperti dikutip KompasTekno, Minggu (4/12/2016), Kaspersky Lab melakukan survei online pada 4.831 responden. Pertanyaan diterjemahkan ke dalam sembilan bahasa, yaitu Inggris, Spanyol, Portugis, Perancis, Italia, Jerman, Rusia, Jepang, dan Turki, serta diprogram menggunakan Poll Daddy.

Tautan survei disebarkan menggunakan promosi berbayar di Facebook dan Twitter, dan berikut adalah empat alasan besar mengapa orang ingin meninggalkan jejaring sosial menurut survei tersebut.

Pertama, sebanyak 39 persen responden percaya bahwa mereka membuang-buang waktu di jejaring sosial. Bahkan, hampir 78 persen menyatakan bahwa mereka sudah mempertimbangkan untuk meninggalkan jejaring sosial.

Kedua, 30 persen respondel menyatakan mereka tidak mau aktivitasnya dimonitor oleh raksasa perusahaan teknologi. Seperti diketahui, sebagian data-data penting kita serahkan kepada jejaring sosial, seperti e-mail, nomor telepon, dan sebagainya.

Ketiga, lima persen responden mengatakan ingin meninggalkan jejaring sosial karena akun mereka telah diretas.

Keempat dan yang terakhir, empat persen responden ingin meninggalkan jejaring sosial karena capek dengan "pembenci" atau haters yang selalu merundung (mem-bully)-nya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil penelitian lebih komplit bisa dilihat di blog resmi Kaspersky di tautan berikut ini.

Kecenderungan untuk tinggal

Meskipun ada kecenderungan untuk meninggalkan jejaring sosial, namun individu merasa ada keterpaksaan untuk tetap tinggal. Seseorang tetap bertahan menggunakan jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram dikarenakan rasa takut kehilangan memori digital dan kontak dengan teman-temannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.