Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Harus Diwaspadai dari Aplikasi Gratis di Android

Kompas.com - 04/12/2016, 15:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Riset yang dilakukan Carnegie Mellon University mengungkap hal mencengangkan tentang aplikasi gratis untuk platform Android. Menurut hasil survei, setengah dari 18.000 aplikasi gratis yang ada di Play Store tidak memiliki privacy policy.

Ketiadaan privacy policy ini beragam bentuknya. Salah satunya, ada aplikasi gratis yang tidak jujur mengenai cara mereka menangani data penggunanya. Ada juga yang tidak jujur dalam hal penyebarannya.

Contohnya, sebagaimana dilansir KompasTekno dari PhoneArena, Minggu (4/12/2016), 41 persen dari total aplikasi gratis yang memiliki privacy policy menyatakan bahwa mereka sebenarnya mengumpulkan data pengguna. Meski begitu, tidak diketahui data apa yang dikumpulkan. 

Sementara, ada 17 persen aplikasi gratis yang ternyata membagikan data-data pengguna ke pihak lain.

Jumlah tersebut bisa jadi lebih besar. Pasalnya, Carnegie Mellon melakukan penelitannya menggunakan sistem yang bergerak secara otomatis, dengan memasukkan perintah tertentu. Cara pencarian aplikasi secara otomatis itu memiliki kelemahan, yaitu hasilnya tidak seakurat pencarian manual.

“Walau sistem otomatis menemukan kemungkinan pelanggaran privasi yang tidak konsisten, bukan berarti masalah pelanggaran ini ada di semua aplikasi,” terang Profesor of Computer Science di Carnegie Mellon University, Norman Sadeh.

Sebenarnya mayoritas semua negara memiliki aturan hukum yang mewajibkan pembuat aplikasi mengatur kebijakan pemakaian data pribadi (privacy policy). Terutama jika jenis data yang diambil oleh aplikasi itu bisa dipakai untuk mengidentifikasi seseorang, seperti alamat e-mail, nomor telepon, dan sebagainya.

Begitu pula dengan Google yang mewajibkan hal serupa pada aplikasi yang meminta data pribadi jenis tersebut. Di sisi lain, ada saja pengembang aplikasi yang memang tidak tahu bahwa dirinya harus menjelaskan kebijakan penggunakan data pribadi kepada pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com