Ingat, iPhone Lawas Tidak Bisa WhatsApp-an Lagi Awal 2017

Kompas.com - 05/12/2016, 09:07 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Ingat, pada akhir 2016 ini, WhatsApp memutuskan untuk menghentikan dukungan untuk sejumlah sistem operasi. Salah satunya adalah iOS 6 yang masih digunakan di beberapa seri iPhone lawas, seperti iPhone 3GS.

Artinya, tepat pada awal 2017 mendatang iPhone 3GS tidak akan bisa dipakai untuk WhatsApp-an lagi. Begitu juga dengan iPhone 4, apabila masih menggunakan sistem operasi iOS 6.

Namun, iPhone 4 sebenarnya masih punya pilihan lain. Setidaknya, pengguna bisa memperbarui sistem operasinya, maksimal hingga iOS 7.1.2, dan tetap bisa berkirim pesan menggunakan WhatsApp.

Baca: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

WhatsApp sendiri sudah mengumumkan penghentian dukungan tersebut beberapa waktu lalu. Tidak hanya untuk iOS 6 saja, sebagaimana KompasTekno rangkum dari blog resminya, Senin (5/12/2016), ada beberapa sistem operasi lain yang akan dihentikan dukungannya.

Sistem operasi lain yang dipastikan tidak bisa memakai WhatsApp pada akhir 2016 ini adalah Windows Phone 7, Android 2.1 dan Android 2.2.

“Perangkat genggam yang memakai sistem operasi itu sudah jadi bagian penting dari kami. Tapi mereka sudah tidak mampu lagi memberi kapasitas yang dibutuhkan untuk pengembangan fitur kami,” demikian alasan yang ditulis WhatsApp.

Ada juga beberapa OS lain yang rencananya akan dihentikan dukungannya. Untungnya, pihak perusahaan memutuskan untuk memperpanjang waktu dukungan untuk Blackberry OS, Blackberry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian. Sisa waktu bagi pengguna sistem operasi ini diperpanjang hingga 30 Juni 2017.

Meski demikian, jika Anda bergantung pada WhatsApp sekaligus termasuk pengguna iOS 6 dan berbagai sistem operasi lain yang disebutkan di atas, lebih baik segera bersiap mengganti ponsel.

Baca: WhatsApp Perpanjang Napas di BlackBerry OS dan BlackBerry 10

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.