Bank Sentral Rusia Diretas, Rp 400 Miliar Raib

Kompas.com - 05/12/2016, 14:53 WIB
Ilustrasi pencurian data di Internet hackronomicon.comIlustrasi pencurian data di Internet
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Serangan hacker atau peretasan terjadi pada Bank Sentral Rusia (Central Bank of Rusia). Serangan tersebut membuat bank mesti kehilangan 31 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 418,6 miliar.

Pegawai Bank Sentral Rusia, Artyom Sychoyov mengatakan bahwa sebenarnya peretas mengincar jumlah yang lebih besar, yakni sekitar 78 juta dollar AS atau setara Rp 1,05 triliun. Tapi untungnya, target serangan itu gagal tercapai.

Pihak bank sendiri enggan membeberkan detail peristiwa peretasan ini. Satu-satunya yang diketahui, ada laporan yang mengatakan bahwa peretas memalsukan credentials (surat kepercayaan) nasabah untuk bisa masuk ke dalam sistem.

“Kami tidak bisa mengatakan kapan waktu tepatnya peretasan itu terjadi, tapi kami dapat mengatakan bahwa memang ada pencurian,” ujar juru bicara Central Bank of Rusia, Ekaterina Glebova sebagaimana dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (5/12/2016).

Kabarnya, pasca peretasan tersebut, Rusia semakin memperkuat pertahanan cyber mereka. Apalagi peretasan Bank Sentral bukanlah peristiwa pertama yang terjadi di dunia. Ada juga negara lain yang punya pengalaman serupa.

Baca: 400 Juta Akun Situs Kencan Dewasa Diretas, Terbesar di 2016

Sejak 2015 lalu, Ekuador, Filipina, Banglades, dan Vietnam bergantian mengalami serangan cyber yang merugikan. Tren serangan pada institusi keuangan seperti itu pun diprediksi bakal meningkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Organisasi Dana Moneter Internasional bahkan telah mengeluarkan peringatan bahwa risiko serangan ini lebih besar pada ekonomi negara-negara berkembang. Hal ini disebabkan masalah pada hubungan korespondensi antar bank.

Bank Sentral Rusia sendiri sudah berdiskusi dengan penegak hukum dan merilis rekomendasi mereka untuk bank lain di dalam negerinya.

Baca: Hacker Mulai Sasar Mesin ATM di Asia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.