Uber Tetap Kumpulkan Data Lokasi Setelah Penumpang Turun

Kompas.com - 06/12/2016, 12:05 WIB
Ilustrasi layanan Uber UberIlustrasi layanan Uber
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Di pembaruan aplikasinya, Uber diketahui menarik data lokasi pengguna selama lima menit setelah sampai di tujuan. Fitur ini hadir di aplikasi Uber versi 3.222.4.

Meski baru hadir di aplikasi Uber global, fitur baru ini kemungkinan akan dirilis Uber untuk aplikasi pengguna di Indonesia.

Sebelumnya, dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (6/12/2016), Uber hanya menarik data lokasi saat pengguna membuka aplikasi di smartphone. Uber meminta izin untuk membagi lokasi pengguna saat mereka sedang berkendara dengan Uber.

Namun kini, Uber ternyata tetap menarik data lokasi pengguna dari aplikasinya, selama lima menit setelah perjalanan usai.

Uber mengatakan, walau menarik data lokasi pengguna di background, mereka tidak akan menyalahgunakannya. Uber mengatakan hanya butuh data tambahan untuk meningkatkan layanannya.

Lokasi tersebut dipakai sebagai data titik penjemputan dan penurunan penumpang. Aplikasi Uber memang masih memiliki kelemahan soal titik penjemputan dan penurunan penumpang, inilah yang ingin ditingkatkan Uber.

Meski demikian, Uber tetap memberikan pilihan untuk mematikan (opt-out) fitur tersebut. Pengguna bisa mematikan akses lokasi aplikasi melalui menu Setting.

Fitur ini sempat dilaporkan oleh kelompok pengguna aplikasi Uber ke Federal Trade Commission (FTC) dan didukung oleh Campaigners at the Electronic Privacy Information Center (EPIC) pada Juni 2015 lalu.

FTC tidak mengambil langkah apa-apa terhadap protes tersebut. Kini Uber melanjutkan rencana tersebut dengan memberikan update aplikasinya.

Pantauan KompasTekno, Selasa (6/12/2016), aplikasi Uber versi 3.222.4 belum dirilis Uber di Indonesia. Tidak diketahui juga apakah update tersebut juga akan diberikan untuk pengguna di Indonesia atau tidak.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X