Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2016, 13:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setahun ini, ada banyak peristiwa yang terjadi di Tanah Air. Beberapa di antaranya menjadi fenomena karena ramai diperbincangkan di media sosial.

Salah satu platform yang kerap digunakan untuk memperbincangkan beragam topik adalah Twitter. Melalui fitur tanda pagar (tagar), netizen di seluruh dunia bisa tahu topik apa yang sedang hangat dibahas secara real-time.

"Sebelum suatu berita muncul sebagai headline di media online, pembahasannya sudah lebih dulu ada di Twitter. Bahkan enggak jarang pembahasan di Twitter memicu suatu berita muncul," kata Head of Partnerships Twitter Indonesia, Teguh Wicaksono, Selasa (6/12/2016), di sela-sela acara #RamediTwitter di Hook Cafe, Jakarta.

Menjelang tutup tahun 2016 ini, Twitter Indonesia pun mengumbar 10 topik paling populer yang dibahas netizen Tanah Air. Menurut Country Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong, 10 topik itu teridentifikasi dari beragam sumber.

"Bukan cuma dari tagar, melainkan juga kata kunci kicauan dan seberapa banyak topik itu dijadikan perbincangan netizen (lewat fitur reply)," kata Roy.

Berikut 10 topik paling populer dibahas netizen Twitter Indonesia sepanjang 2016.

1.  Ramadan

Sepanjang Ramadan (Ramadhan) tahun ini, Roy mengatakan jumlah kicauan rata-rata pengguna meningkat 10 persen. Menurut dia, hal itu tak lepas dari fakta bahwa mayoritas masyarakat Indonesia merayakan hari Ramadhan.

Berbagai informasi dibagikan para pengguna, mulai dari waktu buka puasa, imsak, kegiatan Ramadhan, hingga kicauan-kicauan iseng bernada guyonan saat ngabuburit.

2. Owi-Butet menang emas Olimpiade

Ganda campuran Tontowi Ahmad (Owi) dan Liliyana Natsir (Butet) berhasil mengembalikan tradisi medali emas Olimpiade untuk Indonesia pada Agustus lalu. Kemenangan itu digadang-gadang sebagai hadiah dari kedua atlet ini untuk Tanah Air.

Rasa haru, bangga, dan puji-pujian dihaturkan netizen untuk Owi dan Butet. Presiden Joko Widodo pun menyelamati tim ganda campuran tersebut via Twitter.

"Kicauan Jokowi menjadi Golden Tweet 2016 di Indonesia karena kicauan itu sangat banyak di-RT, diperbincangkan, dan menjadi penanda kebanggaan kita semua," Roy menuturkan.

Baca juga: Indonesia Masuk Final, #ThomasINABangkit Jadi Trending Topic Dunia

3. Kemerdekaan RI 71

Ulang tahun kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus lalu juga jadi topik hangat di Twitter. Netizen berbondong-bondong menyampaikan doa dan harapan untuk Tanah Air tercinta.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com