Kompas.com - 06/12/2016, 13:42 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com — Setahun ini, ada banyak peristiwa yang terjadi di Tanah Air. Beberapa di antaranya menjadi fenomena karena ramai diperbincangkan di media sosial.

Salah satu platform yang kerap digunakan untuk memperbincangkan beragam topik adalah Twitter. Melalui fitur tanda pagar (tagar), netizen di seluruh dunia bisa tahu topik apa yang sedang hangat dibahas secara real-time.

"Sebelum suatu berita muncul sebagai headline di media online, pembahasannya sudah lebih dulu ada di Twitter. Bahkan enggak jarang pembahasan di Twitter memicu suatu berita muncul," kata Head of Partnerships Twitter Indonesia, Teguh Wicaksono, Selasa (6/12/2016), di sela-sela acara #RamediTwitter di Hook Cafe, Jakarta.

Menjelang tutup tahun 2016 ini, Twitter Indonesia pun mengumbar 10 topik paling populer yang dibahas netizen Tanah Air. Menurut Country Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong, 10 topik itu teridentifikasi dari beragam sumber.

"Bukan cuma dari tagar, melainkan juga kata kunci kicauan dan seberapa banyak topik itu dijadikan perbincangan netizen (lewat fitur reply)," kata Roy.

Berikut 10 topik paling populer dibahas netizen Twitter Indonesia sepanjang 2016.

1.  Ramadan

Sepanjang Ramadan (Ramadhan) tahun ini, Roy mengatakan jumlah kicauan rata-rata pengguna meningkat 10 persen. Menurut dia, hal itu tak lepas dari fakta bahwa mayoritas masyarakat Indonesia merayakan hari Ramadhan.

Berbagai informasi dibagikan para pengguna, mulai dari waktu buka puasa, imsak, kegiatan Ramadhan, hingga kicauan-kicauan iseng bernada guyonan saat ngabuburit.

2. Owi-Butet menang emas Olimpiade

Ganda campuran Tontowi Ahmad (Owi) dan Liliyana Natsir (Butet) berhasil mengembalikan tradisi medali emas Olimpiade untuk Indonesia pada Agustus lalu. Kemenangan itu digadang-gadang sebagai hadiah dari kedua atlet ini untuk Tanah Air.

Rasa haru, bangga, dan puji-pujian dihaturkan netizen untuk Owi dan Butet. Presiden Joko Widodo pun menyelamati tim ganda campuran tersebut via Twitter.

Halaman:
Baca tentang



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.