Kicauan Jokowi Dinobatkan sebagai "Tweet Emas" oleh Twitter

Kompas.com - 06/12/2016, 15:33 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di acara Fruit Indonesia 2016 di Lapangan Parkir Timur Senayan Jakarta, Kamis (16/11/2016). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di acara Fruit Indonesia 2016 di Lapangan Parkir Timur Senayan Jakarta, Kamis (16/11/2016).
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com Twitter Indonesia menobatkan kicauan Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi sebagai "Golden Tweet" sepanjang tahun 2016 di Indonesia

Adapun kicauan yang dimaksud adalah ketika Jokowi mengekspresikan kebanggaannya terhadap pasangan bulu tangkis ganda campuran, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Owi-Butet).

Kicauan itu dilontarkan menyusul kemenangan Owi-Butet pada Olimpiade Rio 2016. Diunggah pada 17 Agustus 2016 pukul 10.22 WIB, kicauan tersebut diganjar re-tweet sebanyak 18.000-an kali dan lebih dari 12.000 likes.

"Akhirnya, kita dengar Indonesia Raya di Olimpiade Rio 2016. Medali emas dari Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir. Selamat! -Jkw," bunyi kicauan sang Presiden ketika itu.

Menurut Country Head Twitter Indonesia Roy Simangunsong, ucapan selamat dari Jokowi melalui Twitter membuktikan bahwa mikroblog tersebut dipercaya sebagai platform komunikasi maya yang mumpuni.

"Sebagai platform, kami tak punya kompetitor. Twitter bukan sekadar media sosial. Semua perbincangan yang sedang ramai dibicarakan bisa diketahui di Twitter. Tiap peristiwa yang terjadi real time bisa ditemukan pertama kali di Twitter," Roy menjelaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Golden Tweet alias tweet emas sendiri diartikan sebagai kicauan yang paling banyak dibagikan kembali (re-tweet) dan berdampak signifikan.

Dalam hal ini, kicauan Jokowi soal kemenangan Owi-Butet dianggap mampu mengorek nasionalisme dan kebanggaan masyarakat atas prestasi putra-putri bangsa.

Selain mengumumkan Golden Tweet 2016, Twitter Indonesia juga mengumumkan 10 topik terpopuler dan 10 tagar yang paling banyak dipakai sepanjang tahun ini. Berikut selengkapnya.

10 topik terpopuler di Twitter

1. Ramadan
2. Kemenangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di Olimpiade #Rio2016
3. HUT RI ke-71
4. Aksi teroris di Sarinah
5. EURO 2016
6. Gerhana Matahari Total 2016
7. Love BTS
8. Timnas Indonesia
9. Bom di Madinah
10. Pertandingan Persib

10 tagar terpopuler di Twitter

1. #RI71 (terkait HUT RI ke-71)
2. #KamiTidakTakut (terkait bom Thamrin)
3. #PrayForJakarta (terkait bom Thamrin)
4. #EURO2016 (terkait pertandingan sepak bola Eropa)
5. #LoveBTS (terkait boyband Korea Bangtan Boys)
6. #JumatBerkah (tagar yang kerap muncul tiap Jumat)
7. #EXO (ekspresi kecintaan dan dukungan terhadap boyband Korea EXO)
8. #wowFAKTA (terkait fakta-fakta unik)
9. #Rio2016 (terkait Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro dan kemenangan Owi-Butet)
10. #PrayforMadinah (doa untuk para korban serangan bom di Madinah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.