Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasa Disabotase, YouTuber Terkaya Ancam Tutup Kanalnya

Kompas.com - 07/12/2016, 07:50 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Felix Kjellberg alias PewDiePie mencak-mencak dalam salah satu video yang diunggahnya minggu lalu. Sang YouTuber terpopuler itu merasa kanalnya sengaja disabotase oleh YouTube sehingga mengalami penurunan jumlah view dan subscriber.

"YouTube coba membunuh kanal saya. Ini jelas terjadi kalau Anda memperhatikan statistik analytics saya, semua menurun," keluh pria asal Swedia yang terkenal dengan sumpah serapahnya saat bermain game ini.

Saking kesalnya dia, Kjellberg bersumpah bakal menutup kanalnya saat jumlah subscriber telah mencapai 50 juta. Saat ini, kanal Kjellberg dengan nama akun PewDiePie tercatat memiliki lebih dari 49,6 juta pelanggan.

"Satu-satunya cara mencegah kanal saya sekarat, saya tahu Anda pikir saya bercanda, tetapi saya akan benar-benar menutup kanal saya," ujar Kjellberg, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Rabu (7/12/2016).

Baca: Stres, YouTuber Terkaya Pensiun Sementara

Dalam sebuah video susulan, YouTuber terkaya dengan penghasilan mencapai 15 juta dollar AS setahun ini--menurut catatan Forbes--memaparkan tudingan "sabotase" yang dilontarkannya dengan lebih detail.

Dia menuduh YouTube telah sengaja mengubah mekanisme suggestion sehingga tidak menampilkan video-video lain yang dibikinnya ke hadapan subscriber. Walhasil, jumlah view video yang digaet dari fitur ini menurun tajam.

Baca: PewDiePie, Jadi Jutawan Cuma dengan Main Game

"Kalau ini dilakukan dengan sengaja dan YouTube meninggalkan konten berbasis kreator dan tokoh, jangan heran apabila tokoh-tokoh itu mulai meninggalkan YouTube," ancamnya.

Belum jelas apa yang bakal dilakukan Kjellberg apabila benar-benar menutup kanal YouTube miliknya nanti. Yang pasti, dia mengatakan tak bakal meninggalkan platform video sharing tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Forbes


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.