Kompas.com - 07/12/2016, 08:54 WIB
Bagian bawah Samsung Galaxy S7 Edge (kiri) memuat konektor jack audio 3,5mm, port micro USB, dan grill speaker, sementara bagian atasnya memuat laci nano SIM card yang sekaligus menampung kartu memori microSD Oik Yusuf/ KOMPAS.comBagian bawah Samsung Galaxy S7 Edge (kiri) memuat konektor jack audio 3,5mm, port micro USB, dan grill speaker, sementara bagian atasnya memuat laci nano SIM card yang sekaligus menampung kartu memori microSD
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S8 baru akan dirilis pada tahun 2017 mendatang. Meski begitu, rumor soal flagship teranyar Samsung itu sudah banyak dibicarakan.

Salah satu terkait dengan port audio 3,5 mm yang sejauh ini selalu menemani smartphone bikinan Samsung. Menurut kabar yang didapatkan oleh media Sam Mobile, Galaxy S8 dikatakan akan sedikit meniru keputusan Apple dengan cara menghapus port audio tersebut.

Sebagai gantinya, pengguna bisa menggunakan port USB Type-C. Port ini bisa dipakai untuk segala keperluan, misalnya menghubungkan ponsel dengan perangkat audio berbasis kabel, mengisi daya, hingga memindahkan data.

Baca: Mengapa iPhone 7 Tak Punya Jack Audio dan Tombol “Home”?

Meski demikian, port tersebut hanya bisa menjalankan satu jenis kegiatan dalam satu waktu. Misalnya, pengguna tidak bisa charge perangkat sambil mendengarkan musik.

Strategi mirip dengan iPhone 7 ini, menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Rabu (7/12/2016), dilakukan demi membuat Galaxy S8 lebih tipis dan bisa dibekali komponen yang lebih besar.

Di antaranya, seperti bisa dibekali dengan baterai yang lebih besar dan speaker stereo terintegrasi. Ada kemungkinan Samsung berkolaborasi dengan Harman, perusahaan audio yang baru dibelinya, untuk membuat speaker tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk kepastian rumor tersebut, pengguna tetap harus menunggu peluncuran Galaxy S8. Perangkat ini dikabarkan akan dirilis pada ajang Mobile World Congress 2017 pada bulan Februari di Barcelona, Spanyol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SamMobile

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.