Kompas.com - 07/12/2016, 17:02 WIB
Alcatel 2051D yang dirancang berbentuk clamshell Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comAlcatel 2051D yang dirancang berbentuk clamshell
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Feature phone, yang hanya bisa dipakai menelepon dan SMS, memang sudah jarang terlihat dalam keseharian. Namun, peminat ponsel jenis ini ternyata masih belum surut.

Setidaknya, menurut Account Director Indonsesia, TCL Mobile Limited (Alcatel), Sentot Andalas, porsi pasar feature phone di Indonesia masih besar. Terutama di daerah-daerah pinggiran, yang jauh dari kota besar.

Sedangkan pasar untuk smartphone cenderung merupakan kota-kota besar atau sebagian besar Pulau Jawa.

Menyadari masih cukup besarnya ceruk pasar feature phone, Alcatel memutuskan untuk masih bermain di pasar ini.

“Alcatel memang masih membuat feature phone karena demand-nya masih ada. Di Indonesia itu masih 40 persen ponsel fitur,” tutur Sentot saat ditemui KompasTekno di sela peluncuran ponsel Alcatel Pixi 4, di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

“Lokasi demand-nya memang ke pinggir. Kalau di Barat ke Sumatera yang pinggirnya, tengah ada Sulawesi dan di Timur ada Papua. Masih banyak yang mencari di sana,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan perusahaan berencana untuk tetap menyediakan feature phone selama masih ada permintaan. Selain penjualan, tujuannya adalah untuk melakukan penetrasi pasar, sehingga masyarakat di daerah mengenal keberadaan Alcatel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Suatu saat memang feature phone ini akan habis. Tapi sementara ini masih ada permintaan, kami akan garap. Kalau jualan, selama ada yang meminta ya kami sediakan. Bisa jadi alat untuk penetrasi market juga, supaya tahu ada Alacatel,” pungkasnya.

Dua ponsel fitur

Di sela peluncuran duo Alcatel Pixi 4, Alcatel juga mengumumkan dua seri feature phone.

Pertama, Alcatel 1054D yang memiliki desain candybar. Kedua, Alcatel 2051D yang dirancang berbentuk clamshell. Keduanya merupakan ponsel yang hanya melayani kebutuhan dasar komunikasi, yaitu telepon dan SMS.

Pada Alcatel 1054D terdapat fitur berupa kamera VGA dan Bluetooth 2.1. Sedangkan Alcatel 2051D dibekali kamera 2 megapiksel, dual SIM, radio FM, dan Bluetooth 2.1.

Alcatel 1054D dibanderol dengan harga RP 249.000, sedangkan 2051D dibanderol Rp 549.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.