Kompas.com - 07/12/2016, 18:36 WIB
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Konten video di perangkat mobile bisa dibilang menjadi primadona sepanjang 2016. Layanan jejaring sosial berbondong-bondong menyematkan fitur gambar bergerak, sebut saja Facebook Live, Instagram Stories, hingga akses langsung Periscope dari aplikasi Twitter.  

Menurut Country Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong, Twitter akan lebih fokus menggarap konten video pada 2017 mendatang. Ia mengatakan potensi video terlalu besar untuk diabaikan.

Sepanjang 2016 saja, konsumsi video di Twitter meningkat 125 persen untuk global. Di Indonesia sendiri, kata dia, konsumsinya mencapai dua digit persen.

"Selain Periscope, kami juga ada konten video regular 140 detik dan fitur Live yang baru," kata Roy, usai acara #RameDiTwitter di Hook Cafe, Jakarta, Selasa (7/12/2016).

Periscope memungkinkan pengguna menyiarkan langsung kegiatannya secara real-time dalam bentuk video untuk dibagikan ke teman-teman di Twitter. Sementara itu, video 140 detik memungkinkan pengguna merekam kejadian tertentu untuk membagikannya di lain waktu.

Nah, yang terakhir, fitur Live dikhususkan untuk kalangan profesional. Produk baru ini digunakan pertama kali oleh NFL dan NBA. Di Indonesia sendiri sudah tersedia tapi belum ada yang memanfaatkan.

"Kualitas Live jauh lebih bagus ketimbang Periscope. Standarnya memang untuk profesional. Di Indonesia kami sedang cari pembuat konten untuk memanfaatkan Live," kata Roy.

Baru-baru ini, pada 2 Desember lalu, Live juga digunakan untuk menyiarkan sesi tanya jawab dengan pemain dan sutradara film Rogue One: A Star Wars Story. Pengguna Twitter bisa bertanya apa saja dengan menggunakan tagar tertentu agar dijawab oleh tim film tersebut.

"Interaksi dengan pengguna bisa lebih baik di Live. Beda dengan televisi yang cuma satu arah," ia menuturkan.

Selain tren video secara spesifik, Twitter juga mengumbar tren topik yang ramai dibicarakan selama 2016. Berikut 10 di antaranya.

1. Ramadhan
2. Kemenangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di Olimpiade #Rio2016
3. HUT RI ke-71
4. Aksi teroris di Sarinah
5. EURO 2016
6. Gerhana Matahari Total 2016
7. Love BTS
8. Timnas Indonesia
9. Bom di Madinah
10. Pertandingan Persib

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.