"Server" BlackBerry Messenger Bakal Dipindah ke Jakarta

Kompas.com - 07/12/2016, 19:14 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - BlackBerry Messenger (BBM) akan memindahkan server ke Indonesia, tepatnya di Jakarta. Server tersebut rencananya akan digunakan untuk melayani pengguna BBM di Indonesia.

Hal itu diungkapkan langsung oleh CEO BBM, Matthew Talbot, saat berbincang dengan KompasTekno di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Menurut Talbot, pemindahan server BBM dari tempat asal di Kanada ke Indonesia akan dilakukan secara bertahap. Proses tersebut diharapkan akan rampung dalam kurun 12 bulan atau tahun 2017 mendatang.

Sembari menunggu, Talbot berharap infrastruktur di Tanah Air semakin siap mendukung server milik BBM dalam kurun satu tahun mendatang.

"Saat ini belum ada fasilitas hosting besar yang mempu menangani traffic BBM di Indonesia, kami harap dalam 12 bulan ke depan infrastrukturnya akan bisa mengejar," ujar Talbot.

Dengan membangun server di Indonesia, Talbot berharap pengguna BBM yang mayoritas berada di Tanah Air itu bisa merasakan pengalaman ber-BBM yang lebih cepat dan menarik.

"Pengalaman sangat penting, kami tidak ingin mengakses data lewat kabel trans-Atlantik, kami ingin memberikan pengalaman BBM-an terbaik," ujarnya.

Baca: Nafas Terakhir BlackBerry dan BB Merah Putih

Sedang bicara dengan Google, Amazon, dan Microsoft

Talbot mengakui saat ini pihaknya sedang berbicara dengan penyedia layanan cloud besar seperti Google, Amazon, dan Microsoft. Tiga pentolan layanan cloud inilah yang akan dipilih sebagai peyedia layanan BBM di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X