Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Ingin Ubah Ponsel Jadi PC

Kompas.com - 09/12/2016, 12:01 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft ingin mengubah perangkat genggam seluler (smartphone atau tablet) menjadi layaknya PC yang sebenarnya. Perangkat genggam baru tersebut nantinya bakal bisa menjalankan software Windows, memiliki koneksi seluler, dan hemat daya.

Di ajang konferensi hardware WinHEC yang digelar di Shenzhen, China minggu ini, Microsoft mengumumkan, sistem operasi Windows bakal bisa berjalan di perangkat yang menggunakan arsitektur ARM.

Microsoft dan Qualcomm (suplier chipset untuk ARM) sepakat meneken kerja sama untuk membuat perangkat ber-chipset Qualcomm bisa menjalankan OS Windows. Perangkat pertama bakal mulai dipasarkan pada 2017 nanti.

Dikutip KompasTekno dari blog resmi Windows, Jumat (9/12/2016), langkah ini diambil karena Microsoft melihat tingginya permintaan connected PC yang lebih efisien daya. Microsoft bahkan menyebut jenis perangkat ini dengan istilah "cellular PC".

Ya, cellular PC artinya vendor gadget nantinya bakal bisa mengintegrasikan konektivitas seluler ke dalam perangkat jenis ini, menggunakan kartu eSIM. Untuk diketahui, hingga kini masih jarang laptop berbasis Intel yang memiliki konektivitas seluler terintegrasi.

Microsoft mengatakan bahwa kerja sama ini akan membuat pengguna merasakan pengalaman Windows dalam sebuah PC yang benar-benar mobile dan efisien.

Lantas apa artinya bagi konsumen? Vendor-vendor gadget akan bisa membangun PC Windows 10 dengan chipset Qualcomm Snapdragon yang menjalankan aplikasi Win32 x86. Termasuk aplikasi Adobe Photoshop, Microsoft Office, dan game-game populer WIndows lainnya yang biasa dijalankan di PC desktop.

Artinya, software dan aplikasi yang biasa dipakai di komputer Windows, nantinya juga bakal bisa digunakan di perangkat mobile, dengan pengalaman yang sama.

Karena versi OS Windows 10 untuk ARM adalah versi 64-bit, maka Microsoft membuat emulator di dalam Windows 10 agar bisa menjalankan aplikasi x86 32 bit.

Aplikasi x86 64-bit tidak akan didukung, namun itu bukan hambatan berarti. Sebab, aplikasi 32-bit yang memiliki versi 64-bit juga tidak banyak.

Perangkat Windows 10 dengan CPU ARM pertama adalah laptop yang menggunakan chipset Snapdragon 835. Belum ada tanggal pasti kapan perangkat ini bakal dirilis, yang pasti di tahun 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com