Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2016, Penjualan PlayStation 4 Tembus 50 Juta Unit

Kompas.com - 09/12/2016, 14:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Ajang diskon Black Friday di Amerika Serikat beberapa waktu lalu berbuah manis untuk Sony. Minggu ini, pabrikan elektronik asal Jepang tersebut mengumumkan bahwa seri konsol game andalannya, PlayStation 4 (PS4), telah menembus angka penjualan sebanyak 50 juta unit sejak dirilis pertama kali pada November 2013 lalu.

Pihak Sony mengatakan pencapaian tersebut merupakan imbas dari "minggu Black Friday terbaik sepanjang sejarah PlayStation", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Jumat (9/12/2016).

"Dengan dukungan luar biasa dari para fans dan rekanan kami di seluruh dunia, tahun ini kami bisa mengirimkan lini hardware yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, Andrew House.

PlayStation 4 sendiri terdiri dari tiga model, yakni PS4 "reguler", PS4 "Slim", dan PS4 "Pro". Tidak dirinci berapa banyak kontribusi masing-masing terhadap penjualan total seri PS4 sebanyak 50 juta unit tadi.  

Angka tersebut sekaligus mendudukan konsol PS4 di posisi teratas dalam hal konsol game paling laku terjual di generasinya, mengalahkan para pesaing, yakni Xbox One besutan Microsoft dan Wii U dari Nintendo.

Baca: 7 Game Terbaik PlayStation 4 Saat Ini

Microsoft tak lagi mengumumkan angka penjualan Xbox One. Namun, analis pasar DFC Intelligence memperkirakan angka penjualan konsol game tersebut tak setinggi PS4. Musim liburan nanti diprediksi bakal mendongkrak penjualan Xbox One hingga menyentuh angka 30 juta unit, masih jauh di bawah PS4.

Selisih dengan Wii U lebih jauh lagi. Konsol game dari Ninendo itu baru tercatat terjual sebanyak 13,36 juta unit di pasaran dunia.

Sony turut mengumumkan angka penjualan game PS4 sebanyak 369,6 juta kopi hingga 6 Desember 2016. Jumlah tersebut mencakup penjualan game fisik dan digital.

Baca: PlayStation VR Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com