Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2016, Penjualan PlayStation 4 Tembus 50 Juta Unit

Kompas.com - 09/12/2016, 14:28 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ajang diskon Black Friday di Amerika Serikat beberapa waktu lalu berbuah manis untuk Sony. Minggu ini, pabrikan elektronik asal Jepang tersebut mengumumkan bahwa seri konsol game andalannya, PlayStation 4 (PS4), telah menembus angka penjualan sebanyak 50 juta unit sejak dirilis pertama kali pada November 2013 lalu.

Pihak Sony mengatakan pencapaian tersebut merupakan imbas dari "minggu Black Friday terbaik sepanjang sejarah PlayStation", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Jumat (9/12/2016).

"Dengan dukungan luar biasa dari para fans dan rekanan kami di seluruh dunia, tahun ini kami bisa mengirimkan lini hardware yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, Andrew House.

PlayStation 4 sendiri terdiri dari tiga model, yakni PS4 "reguler", PS4 "Slim", dan PS4 "Pro". Tidak dirinci berapa banyak kontribusi masing-masing terhadap penjualan total seri PS4 sebanyak 50 juta unit tadi.  

Angka tersebut sekaligus mendudukan konsol PS4 di posisi teratas dalam hal konsol game paling laku terjual di generasinya, mengalahkan para pesaing, yakni Xbox One besutan Microsoft dan Wii U dari Nintendo.

Baca: 7 Game Terbaik PlayStation 4 Saat Ini

Microsoft tak lagi mengumumkan angka penjualan Xbox One. Namun, analis pasar DFC Intelligence memperkirakan angka penjualan konsol game tersebut tak setinggi PS4. Musim liburan nanti diprediksi bakal mendongkrak penjualan Xbox One hingga menyentuh angka 30 juta unit, masih jauh di bawah PS4.

Selisih dengan Wii U lebih jauh lagi. Konsol game dari Ninendo itu baru tercatat terjual sebanyak 13,36 juta unit di pasaran dunia.

Sony turut mengumumkan angka penjualan game PS4 sebanyak 369,6 juta kopi hingga 6 Desember 2016. Jumlah tersebut mencakup penjualan game fisik dan digital.

Baca: PlayStation VR Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.