Kompas.com - 09/12/2016, 14:59 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - CEO Erajaya Group, Hasan Aula mengonfirmasi telah mengajukan sertifikasi Postel untuk beberapa jenis iPhone. Sertifikasi tersebut diajukan sebagai persiapan melakukan impor.

Pengajuan yang dilakukan oleh Erajaya adalah sertfikasi Postel B, berbeda dengan sertifikasi yang diajukan oleh Apple beberapa bulan lalu.

“Kami partner impor Apple di Indonesia, makanya kami mengajukan sertifikasi Postel. Kalau kami, mengajukannya sertifikasi Postel B, ini yang untuk distributor. Kalau Postel A itu untuk principal (pemilik merek),” terang Hasan saat dihubungi KompasTekno, Jumat (9/12/2016).

“Sertifikasi Postel B ini tidak bisa kami ajukan lebih dulu dari principal. Jadi principal mesti sudah mendapatkan Postel A dulu, baru kami bisa mengajukan,” imbuhnya.

Hasan menjelaskan, sertifikat Postel B ini nantinya akan dipakai untuk mengajukan tanda pendaftaran produk (TPP) pada Kementerian Perindustrian dan dilanjutkan dengan Permohonan Persetujuan Impor pada Kementerian Perdagangan.

Setelah semua perizinan itu selesai, maka Erajaya tinggal menunggu kedatangan iPhone yang diimpor dan bersiap menjualnya. Belum dijelaskan Hasan secara pasti, kapan tepatnya varian iPhone tersebut hadir di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Keputusan menjualnya nanti ada di Apple. Kami menunggu dari mereka saja. Prosesnya mungkin masih cukup lama, karena meski sudah boleh impor, masih tetap menunggu ketersediaan barang juga dari Apple,” pungkasnya.

Pantauan KompasTekno, ada empat jenis iPhone yang diajukan oleh Erajaya (PT Erajaya Swasembada), yakni iPhone 6s (A1688), iPhone 6s Plus (A1687), iPhone 7 (A1778) dan iPhone 7 Plus (1784).

iPhone 7 Penuhi TKDN

Apple sendiri memang baru mendapatkan sertifikat Postel untuk empat jenis ponsel, yakni iPhone 6s, 6s Plus, 7 dan 7 Plus. Pantauan KompasTekno pada situs Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, sertifikat ini sudah didapat Apple sejak 28 November 2016 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.