Kompas.com - 09/12/2016, 17:14 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Drone alias wahana terbang nirawak untuk konsumen biasanya mengusung  bentuk quad-copter dengan empat rotor. Namun pabrikan bisa pula merancang drone dengan rupa yang berbeda dari pakem standar.

Contohnya Samsung yang baru-baru ini diketahui mematenkan desain sebuah drone baru berbentuk bundar. Alih-alih dua pasang propeller yang nangkring di empat lengan, drone ini menempatkan sebuah rotor berukuran besar di tengah.

Bentuk fisiknya pun bundar sehingga drone rancangan Samsung tampak seperti UFO alias piring terbang. Bisa juga dibilang mirip kipas angin tanpa gagang yang diletakkan secara horizontal.

Dokumen paten yang dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Jumat (9/12/2016) menerangkan bahwa sang drone piring terbang memiliki bodi dari bahan logam dan "synthetic resin".

Samsung Ilustrasi drone mirip piring terbang dalam dokumen Samsung, bagian bawah

Ia turut dilengkapi dengan kamera dan empat kaki penyangga di bagian bawah yang digunakan untuk mendarat.

Sesuai dengan bentuknya yang rada 'nyeleneh', Samsung mengatakan bahwa desain drone bersangkutan terinspirasi dari gambaran "pesawat luar angkasa berbentuk cakram".

Belum ada informasi lain seputar drone rancangan Samsung ini, seperti misalnya kemampuan terbang atau spesifikasi kamera yang digunakan untuk merekam gambar.

Layaknya produk dalam patern, belum tentu pula ia akan benar-benar mewujud dalam bentuk produk jadi yang dilempar ke pasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SlashGear
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.