BlackBerry Messenger Bakal Hadir di Samsung Z2

Kompas.com - 12/12/2016, 09:18 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Oktober lalu, Samsung merilis smartphone Tizen pertamanya di Indonesia yakni seri Z2. Tizen merupakan OS smartphone yang dikembangkan oleh Samsung.

Baca: Samsung Resmikan Z2, Tizen Pertama di Indonesia Dijual Rp 899.000

Lantaran masih terhitung baru, sebagian aplikasi populer masih absen di platform ini. Misalnya, sebut saja aplikasi ride sharing, seperti Go-Jek dan aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM).

Khusus untuk BBM, ada kemungkinan hal tersebut bakal berubah. Indikasinya ditunjukkan oleh CEO BBM Matthew Talbot ketika berkunjung ke Jakarta beberapa waktu lalu. sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (11/12/2016).

Lebih lanjut, Talbot mengatakan pengembang Android bisa menyesuaikan aplikasinya agar bisa berjalan di Tizen dengan menerapkan beberapa modifikasi.

Baca: Apa Itu OS Tizen di Samsung Z2, Bedanya dengan Android?

Dia mengatakan pihaknya saat ini sedang bekerja sama dengan Samsung agar bisa merilis aplikasi BBM untuk ponsel Tizen, tapi tak mengungkapkan jadwal pasti kehadirannya.

Pertengahan tahun ini, BlackBerry menyerahkan kekayaan intelektual atas BBM ke grup media PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek) di Indonesia engan nilai sekitar Rp 2,7 triliun.

Dalam kesempatan yang sama, Talbot menegaskan bahwa semua trademark, kegiatan operasional, dan pengembangan BBM kini sepenuhnya dimiliki oleh Emtek.

Server BBM pun sedang dalam proses dipindahkan dari tempat asalnya di Kanada ke Indonesia, tepatnya di kota Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.