Kompas.com - 12/12/2016, 14:15 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Di luar ukuran dan teknologi komponennya yang terus berkembang, bentuk sensor penangkap gambar pada segala jenis kamera digital relatif tak berubah. Melulu dengan bentuk persegi yang rata, mengikuti bentuk lembaran film analog dulu.

Namun beberapa pabrikan agaknya sedang mengembangkan inovasi terkait bentuk sensor kamera ini. Canon, misalnya, diketahui mematenkan rancangan sensor berbentuk melengkung.

Apabila diihat secara beririsan dari samping ilustrasi di dokumen paten Canon memperlihatkan sensor tersebut berbentuk cekung, mirip mangkuk, dengan bagian penangkap cahaya yang terdapat di sisi dalam.

Bukan cuma itu, berdasarkan keterangan yang dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Senin (12/11/2016), derajat kelengkungan dari sensor yang bersangkutan juga bisa diatur secara elektronik. Pengguna kamera bisa mengatur seberapa cekung sensor tersebut sesuai keinginan.

Sebelumnya, bulan lalu Canon juga mematenkan desain sensor kamera yang sama-sama melengkung, tapi tidak derajat lengkungannya bisa diatur secara elektronik.

Untuk apa pula sensor kamera dibuat melengkung? Bentuk melengkung (cekung) pada dasarnya lebih sesuai dengan bidang proyeksi gambar dari lensa yang memang cekung secara natural.

Mata manusia, misalnya, memiliki retina yang berbentuk melengkung di sisi belakang, tidak rata seperti pada sensor kamera konvensional ataupun lembaran film.

Dengan mengikuti bentuk proyeksi lensa ini, ada beberapa keuntungan yang dihasilkan. Misalnya, tingkat exposure di seluruh frame (bidang proyeksi) akan sama, tidak berbeda di pinggiran sehingga menghasilkan efek vignette (gelap di pojok-pojok).  Tingkat ketajaman gambar pun akan sama rata di seluruh frame.

Canon sendiri bukan pabrikan pertama yang mengembangkan sensor kamera melengkung. Dua tahun lalu, Sony pun telah mematenkan konsep serupa.

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.