Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grab Dapat Suntikan Dana dari Honda Motor

Kompas.com - 13/12/2016, 08:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Awal minggu ini, Grab mengumumkan telah mendapat suntikan dana dari perusahaan otomotif asal Jepang, Honda Motor Co.

Besarnya nilai investasi Honda tidak disebutkan, namun hal tersebut adalah bagian dari sesi pengumpulan dana seri F  sebesar 750 juta dollar AS yang diinisiasi pada September lalu.

Sesi funding round itu mendorong nilai kapitalisasi pasar Grab -sebuah perusahaan ride sharing yang berbasis di Singapura dan beroperasi di Asia Tenggara- naik menjadi 3 miliar dollar AS atau hampir Rp 40 triliun.

Grab dan Honda turut menjalin kemitraan untuk mengembangkan teknologi ride sharing dan menggelar program edukasi untuk pengemudi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Selasa (13/12/2016).

“Kami sedang merencanakan seperti apa perwujudan partnership itu nanti,” ujar Presiden Grab, Ming Maa. “Salah satunya mungkin dengan menjual motor Honda.”

Kemitraan dengan Grab sekaligus memberikan Honda akses ke pasaran ride sharing Indonesia yang diproyeksikan bakal tumbuh menjadi 5,6 miliar dollar AS pada 2025, dari 800 juta dollar AS yang tercatat tahun lalu, menurut laporan Google dan Temasek.

Honda berharap penjulalan akan meningkat karena sepeda motor yang dipakai untuk layanan ride sharing lebih cepat diganti.

“Kami sedang mengeksplorasi cara-cara pemanfaatan sepeda motor di samping penjualan langsung ke konsumen,” kata seorang juru bicara Honda.

Sebelumnya, dua minggu lalu, Grab telah lebih dulu memperoleh pendanaan dari perusahaan layanan finansial Jepang, Tokyo Century Corp. Jumlahnya juga tidak disebutkan.

Di Indonesia, Grab bersaing sengit dengan penyedia layanan ride sharing serupa, yakni Go-jek dan Uber. Masing-masing dari mereka memiliki penyokong dananya sendiri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com