Kompas.com - 13/12/2016, 17:03 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Hati-hatilah sebelum pamer sesuatu di media sosial, apalagi bila melibatkan barang ilegal. Bisa jadi berujung penjara seperti yang dialami dua orang pria asal Alabama, Amerika Serikat ini.

Kedua orang tersebut, masing-masing bernama Terry Brown dan Kenneth White, diketahui terlibat pembuatan video mannequin challenge yang diunggah ke Facebook awal November lalu.

Akar masalahnya, video tersebut menampilkan puluhan aktor yang memegang senjata api. Mereka direkam kamera dalam posisi seolah-olah mematung di tengah sebuah baku tembak.

Ada yang sedang bersembunyi di balik kendaraan, di balik pintu, berlutut, dan lain sebagainya, sambil menggenggam pistol atau shotgun.

Total terdapat 22 orang dan setidaknya 19 pucuk senjata api yang terlibat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Washington Post, Selasa (13/12/2016).

Video mannequin challenge yang diiringi alunan musik rap itu memancing perhatian polisi. Rumah yang ditampilkan dalam video pun digrebek. Di dalamnya ternyata terdapat "harta karun" berupa senjata api dan narkoba berbagai jenis.

Brown dan White pun dibekuk atas tuduhan kepemilikan narkoba dan senjata api secara ilegal. Pihak berwajib masih memburu kawan-kawan kedua orang tersebut yang turut tampil dalam video mannequin challenge bersangkutan.

"Beberapa orang dalam video kemungkinan adalah buronan," ujar Kapten Muke Salomonsky dari Madison Country Sheriff yang menangani kasus tersebut. "Karena itu kami perlu melakukan proses identifikasi."

Selengkapnya, video mannequin challenge yang berbuah penggrebekan polisi itu bisa dilihat di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.