Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donald Trump Gelar Konferensi Teknologi, Siapa yang Mau Hadir?

Kompas.com - 13/12/2016, 18:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Pekan lalu, Presiden AS terpilih Donald Trump mengirim undangan konferensi untuk para petinggi teknologi di Silicon Valley. Undangan itu untuk tanggal 14 Desember 2016 di Trump Tower, Manhattan, AS.

Beberapa pemimpin raksasa teknologi yang disebut-sebut bakal hadir adalah CEO Alphabet, Larry Page; CEO Apple, Tim Cook; dan COO Facebook, Sheryl Sandberg.

Menurut sumber dalam, tak lebih dari selusin pimpinan industri teknologi yang bakal jadi partisipan konferensi, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Selasa (13/12/2016).

Selain beberapa nama di atas, ada juga CEO Microsoft Satya Nadella, CEO Cisco, Chuck Robbins; CEO IBM, Ginni Rometty; CEO Intel, Brian Krzanich; dan CEO Oracle, Safra Catz; serta CEO Amazon, Jeff Bezos.

Saat dikonfirmasi, Catz mengatakan hendak memberi tahu Trump bahwa ia akan membantu pemerintah sebisa mungkin. Ia pun mendorong sang Presiden terpilih untuk melakukan inovasi regulasi.

"Jika Trump bisa mereformasi pajak, mereduksi regulasi, dan bernegosiasi lebih baik soal perdagangan, industri teknologi AS akan lebih kuat dan kompetitif," Catz menuturkan.

Sementara itu, Bezos yang dikabarkan turut serta dalam konferensi belum berkomentar apa-apa. Jika ia benar hadir, bisa jadi pertemuan akan bermula canggung.

Sebab, Trump beberapa kali menyerang Amazon saat kampanye. Bezos pun sempat melontarkan pernyataan-pernyataan gamblang soal ketidaksukaannya pada Trump.

Baca: Trump Presiden, CEO Amazon “Banting Setir”

Hal serupa juga bisa dibayangkan ketika Cook menghadiri konferensi. Sebelumnya, Trump pernah mengancam akan memboikot Apple jika tetap memproduksi perangkat elektronik di luar AS.

Dibujuk pendiri PayPal

Menurut sumber dalam, para petinggi industri teknologi berkenan hadir atas bujukan pendiri PayPal, Peter Thiel. Diketahui, Thiel selama ini merupakan pendukung setia Trump.

Dalam konferensi besok, Thiel pun dijadwalkan hadir. Jejeran staff Trump serta anggota keluarganya juga akan mengikuti konferensi terbatas itu.

Belum jelas pembahasan spesifik dari konferensi tersebut. Yang pasti, benang merahnya terkait industri teknologi dan kebijakan pemerintah.

Ada beberapa eksekutif perusahaan teknologi lainnya yang diundang namun tak hadir menurut sumber dalam. Salah satunya CEO Uber Travis Kalanick yang tak datang karena sedang berada di luar negeri.

Selain Travis, CEO Airbnb Brian Chesky juga tak datang untuk alasan yang sama. Beberapa lainnya yang tak hadir dengan alasan yang belum diketahui adalah CEO Netflix, Reed Hastings; CEO Salesforce, Marc Benioff; CEO Slack, Stewart Butterfield; dan CEO Dropbox, Drew Houston.

CEO Twitter, Jack Dorsey mulanya mengatakan ia tak diundang dalam konferensi eksklusif Trump. Namun, belakangan ia merevisi pernyataannya dengan mengatakan tak yakin bisa hadir.

Baca: 5 Isu yang Dihadapi Perusahaan Teknologi Setelah Trump Jadi Presiden

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com