Google Berhenti Bikin Mobil Tanpa Sopir?

Kompas.com - 14/12/2016, 07:13 WIB
Google Self-Driving Car MediumGoogle Self-Driving Car
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google dikabarkan sudah menghentikan usahanya memciptakan mobil otonomos atau tanpa sopir.

Informasi dari sumber dalam industri menyebutkan bahwa keputusan untuk menghentikan pengembangan mobil otonomos diambil oleh CEO Alphabet Larry Page dan CFO Ruth Porat. Keduanya berasalan pendekatan yang dipakai untuk mengembangkan mobil tersebut kurang praktis.

Berdasarkan alasan itu, menurut sumber itu, tim pengembangan mobil otonomos Google, Chauffeur, diperintah berhenti mengerjakan mobil otonomos. Sebagai gantinya, fokus tim dialihkan untuk menangani kerja sama dengan para produsen mobil ternama, khusus soal pengembangan teknologi otonomos.

Namun, pengembangan teknologi yang dikerjakan bersama produsen mobil ini memiliki konsep yang berbeda dibanding pengembangan internal.

Pada internal Google, konsep otonomos adalah mobil yang bisa bergerak secara mandiri tanpa dikemudikan manusia. Sedangkan kerja sama tersebut mengembangkan konsep teknologi otonomos yang masih membutuhkan kendali manusia.

Dengan kata lain, targetnya adalah mobil yang tidak sepenuhnya bergerak otomatis, melainkan masih bisa dikendalikan sesuatu keinginan pengemudinya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (14/12/2016), sekarang ada satu produsen yang bekerja sama dengan Google, yakni Fiat Chrysler. Tidak menutup kemungkinan akan ada lebih banyak lagi yang lainnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski pengembangan mobil otonomos secara internal sudah berhenti, sumber tersebut meyakini, ambisi Google sebenarnya belum padam. Perusahaan mesin pencari itu diprediksi masih akan merilis sebuah layanan taksi otonomos sebelum 2017 berakhir.



Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X