Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal dan Tahun Baru, "Traffic" Data Telkomsel Bakal Capai 4 Petabyte

Kompas.com - 14/12/2016, 19:16 WIB

KOMPAS.com - Mengahadapi momen hari raya Natal dan tahun baru (Naru), Telkomsel melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. Sebanyak 723 BTS baru disiapkan secara khusus untuk dua momen di penghujung tahun ini.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Natal dan Tahun Baru merupakan periode dimana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam penggunaan layanan data."

"Untuk itu setiap tahunnya kami selalu mengantisipasi hal tersebut melalui serangkaian aktivitas optimasi jaringan," kata Ririek dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (14/12/2016).

Pada puncak periode Naru kali ini, Telkomsel memprediksi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 4,10 PB (Petabyte) atau naik lebih dari 118 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video & music streaming, games online, social media, chatting, dan penggunaan berbagai aplikasi.

Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1.52 miliar menit dan SMS diperkirakan menjadi 892 juta SMS per hari.
 
Mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas, terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk Internet Service yang ditingkatkan menjadi 837 Gbps atau naik sekitar 78 persen dari tahun 2015.

Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 241 juta pelanggan (naik 0,8 persen dari tahun 2015). Kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 313 juta pelangan.

Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 177 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Selain itu, sebanyak 124.000 BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan dimana pun mereka berada.   

Adapaun titik keramaian utama yang diidentifikasi Telkomsel pada momen Naru kali ini mencapai 687 titik yang terdiri atas bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan rumah ibadah.

Di lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan terjadi rata-rata peningkatan trafik layanan data sebesar 47 persen bila dibandingkan dengan trafik di hari normal di tahun 2016.
 
Di lokasi-lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas, Telkomsel juga mengerahkan 91 Compact Mobile BTS (COMBAT).

Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 487 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.779 outlet siaga, serta didukung pula oleh 85 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com