Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Keyboard Jadi "Gboard" di Android, Apa yang Baru?

Kompas.com - 15/12/2016, 07:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google secara eksklusif merilis keyboard untuk pengguna iPhone yang dinamai "Gboard" pada Mei lalu. Kala itu, banyak yang penasaran apakah papan ketik Gboard akan hadir pula bagi pengguna Android atau tidak.

Rasa penasaran itu akhirnya dijawab Google. Pabrikan Mountain View tersebut meluncurkan papan ketik Gboard untuk Android sebagai pembaruan Google Keyboard versi 6.0.

Selain berubah nama, fitur-fiturnya pun lebih kaya. Salah satu yang menonjol adalah jalan pintas (shortcut) ke kolom pencarian melalui tombol "G" yang tersedia.

Tombol G itu bersifat opsional. Pengguna bisa menyetel untuk memanfaatkannya atau tidak di pengaturan keyboard, sebagaimana dilaporkan AndroidPolice dan dihimpun KompasTekno, Rabu (14/12/2016).

Baca: Google Luncurkan Aplikasi Keyboard untuk iPhone

Jika pengguna memilih memanfaatkannya, pencarian apa pun bisa dilakukan sambil chatting dengan teman, mengirim e-mail, atau menulis catatan penting. Tak perlu lagi bolak-balik dari browser pencarian ke aplikasi.

Selain itu, ada juga dukungan tiga bahasa sekaligus alias multi-language untuk preferensi kata. Di keyboard Google sebelumnya, pengguna cuma bisa memilih satu preferensi bahasa. Lebih detailnya, berikut fitur-fitur baru yang bisa diperoleh dari Gboard di Android

1. Tombol pencarian "G"
2. Toolbar tambahan untuk mengakses tema, pengaturan, dan mode satu tangan (one-handed mode), hanya jika tak mengaktifkan tombol G.
3. Tombol-tombol khusus untuk angka yang tak menyatu dengan huruf (opsional).
4. Dukungan tiga bahasa untuk preferensi kata.
5. Pencarian untuk emoji.
6. Pengetikan gestur (gesture typing) kini disebut glide typing.
7. Tombol GIF selalu ditampilkan, namun tak muncul pada aplikasi-aplikasi yang tak mendukung.

Gboard untuk Android baru diluncurkan secara bertahap. Pengguna di berbagai negara harus menunggu giliran hingga dapat bagian. Bagi yang sudah tak sabar, Anda bisa mengunduh versi APK-nya di tautan berikut ini. Pastikan sistem operasi Anda sudah Android 4.2 atau yang lebih baru.

Baca: Pakai Google Keyboard Terbaru, Ngetik di Android Cukup dengan Satu Tangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com