Nintendo Rilis "Super Mario Run" di iOS, Kapan Android Kebagian?

Kompas.com - 16/12/2016, 12:10 WIB
Super Mario Run BGRSuper Mario Run
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Dalam acara peluncuran duo iPhone 7 pada September lalu, Nintendo membuat kejutan dengan naik ke atas panggung. Kala itu, desainer game veteran Nintendo, Shigeru Miyamoto, mengumumkan kehadiran game berjudul Super Mario Run yang akan tersedia di para pengguna iOS.

Tiga bulan berselang, pada hari ini, Jumat (16/12/2016), perusahaan asal Jepang itu benar-benar merilis Super Mario Run di perangkat berbasis iOS (iPhone dan iPad). Menurut pantauan KompasTekno, game itu juga sudah bisa dinikmati pengguna di Indonesia.

Pertanyaannya kini, akankah pengguna Android bisa mendapatkan game yang sama dalam waktu dekat?

Para pengguna Android harus menunggu lebih lama untuk bisa menikmati game tersebut. Hingga saat ini, Nintendo tampaknya masih belum memiliki rencana untuk mengumumkan waktu kehadiran Super Mario Run di Android.

"Informasi tentang versi itu (Android) akan diumumkan lagi nanti," ujar perwakilan Nintendo kepada media Polygon, sebagaimana KompasTekno kutip.

Media asing sendiri berspekulasi game itu baru akan hadir pada tahun 2017 mendatang di Android. Meski begitu, kapan tepatnya kehadiran Super Mario Run di OS bikinan Google tersebut masih menjadi misteri besar.

Mengapa iOS lebih dulu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, apa alasan Nintendo lebih mengedepankan iOS dalam peluncuran kali ini? Dalam sebuah wawancara, Miyamoto menceritakan bahwa keamanan merupakan alasan terbesar mengapa iOS lebih dulu mendapatkan Super Mario Run.

"Elemen keamanan merupakan salah satu alasan mengapa Nintendo memutuskan untuk menghadirkan Super Mario Run terlebih dahulu di iPhone dan iOS," tutur Miyamoto.

"Jadi - berdasar kondisi saat dikembangkan saat ini - syarat ini (keamanan) dibutuhkan karena ada tiga mode berbeda di dalam game yang terhubung dengan jaringan dan saling berinteraksi (dengan perangkat lain)," imbuh Miyamoto.

Super Mario Run sendiri memiliki cara bermain yang mirip dengan seri game Mario Bros klasik. Pemain menjelajahi level-level game 2D itu secara side-scrolling, mengumpulkan koin sebanyak mungkin sebelum mencapai tiang bendera di akhir level.

Karakter Mario akan berlari secara otomatis, pemain cukup menekan layar jika ingin melompat untuk menghindari rintangan atau mengumpulkan koin.

Di platform iOS, Super Mario Run bisa didapatkan di App Store melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Polygon
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.