Kamera Fujifilm X100F dan "Mirrorless" X-T20 Rilis Bulan Depan?

Kompas.com - 17/12/2016, 08:12 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Fujifilm menyiapkan dua kamera baru yang akan dirilis pada Januari 2017 mendatang. Satu merupakan kamera compact X100F, dan satu lagi merupakan mirrorless interchangeable X-T20.

X100F merupakan penerus seri X100F, yang hingga sekarang menjadi salah satu kamera compact paling digemari pengguna.

Menurut sumber internal, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Fujirumors, Sabtu (17/12/2016), Fujifilm berencana untuk mengumumkan X100T pada 19 Januari 2017 mendatang. Kamera tersebut pun mengusung sejumlah perubahan.

Desas-desus yang beredar, antara lain menyebutkan bahwa X100F bakal memiliki control ring yang disematkan di lensa, tombol tersendiri untuk mengatur OVF dan EVF, lensa 23mm F/2, baterai NP-W126s, serta shutter/ISO dial tersendiri.

Selain itu, kamera ini diyakini bakal memakai sensor 24 megapiksel X-Trans III, otak pengolahan gambar berupa X-Processor Pro dan memiliki sebuah LED pemandu autofocus yang diletakkan dekat flash.

Sumber tersebut juga memprediksi bahwa pada tanggal yang sama akan diperkenalkan kamera X-T20, yang merupakan penerus seri X-T10. Sayangnya, belum banyak informasi yang bicara mengenai detil kamera ini.

Bila terwujud nanti, X-T20 kemungkinan akan dibekali dengan sensor ukuran APS-C, serupa dengan pendahulunya. Tapi belum jelas apakah Fujifilm akan menyematkan sensor 24 megapiksel X-Trans III sebagaimana yang dipakai X-T2 dan X-Pro2 sekarang.

Fujifilm sendiri belum mengeluarkan konfirmasi apapun mengenai rumor tersebut. Dengan demikian, keabsahannya baru bisa dibuktikan pada saat kedua kamera tersebut benar-benar meluncur.

Satu hal yang pasti, raksasa fotografi asal Jepang ini sudah pasti memiliki rencana untuk mulai menjual kamera X-A10 terbarunya pada Januari 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.