Batal Ditutup, Vine Berubah Jadi Aplikasi Kamera

Kompas.com - 18/12/2016, 11:29 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Oktober lalu, Twitter mengumumkan bakal menutup Vine dalam rangka efisiensi perusahaan. Namun, belakangan rupanya rencana itu urung dilakukan.

Alih-alih dimatikan, Vine bakal memulai hidup baru sebagai aplikasi stand alone bernama Vine Camera. Fungsinya tak lagi sebagai media sosial yang bisa memuat profil pengguna, komentar, dan follower, melainkan sebatas merekam video 6 detik saja.

Baca: Vine Ditutup Twitter, Pendirinya Bikin Pesaing Periscope

“Dengan aplikasi (Vine Camera ini), Anda tetap bisa merekam video looping 6-detik dan mengunggahnya secara langsung ke Twitter atau menyimpannya di ponsel,” tulis Vine dalam sebuah posting pengumuman.

Dengan kata lain, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Re/code, Minggu (18/12/2016), video 6-detik dari Vine Camera nantinya bisa diunggah ke berbagai media sosial lain di samping Twitter.

Pengumuman di atas sekaligus mengakhiri spekulasi bahwa Twitter bakal menjual Vine. Sebelumnya, sempat diberitakan bahwa sejumlah pihak tertarik membeli Vine dari tangan Twitter.

Baca: Ditutup Twitter, Vine Malah "Ditawar" Situs Porno

Bagaimana dengan follower yang kadung dikumpulkan di Vine? Disebutkan bahwa Vine akan melakukan upaya memindahkan para follower tersebut ke  akunTwitter pengguna dengan menambah notifikasi “Follow on Twitter” di aplikasinya.

Video-video Vine kini juga bisa diunduh lewat aplikasi atau browser. “Seluruh video VIne Anda akan tetap tersedia di Vine .co, jadi Anda masih bisa mengakses aneka video yang sudah dibuat selama bertahun-tahun," tutup Vine.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Recode


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.