Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Keyboard" Google Gboard Sudah Tersedia di Android

Kompas.com - 18/12/2016, 15:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Setelah lama hadir di iPhone sejak Mei lalu, pengguna Android di Indonesia kini sudah bisa mencicipi kebolehan aplikasi papan ketik baru Google yang bernama Gboard.

Piranti lunak berupa keyboard virtual itu telah tersedia dan bisa diunduh dari toko aplikasi Google Play Store untuk wilayah Indonesia pada akhir pekan ini.

Aplikasi Google Keyboard versi terdahulu yang telah terpasang di ponsel pengguna Android akan otomatis diperbarui ke Gboard.

Selain berubah nama, fitur-fitur Gboard pun lebih kaya dibanding pendahulunya. Salah satu yang menonjol adalah jalan pintas (shortcut) ke kolom pencarian melalui tombol "G" yang tersedia.

Tombol G itu bersifat opsional. Pengguna bisa menyetel untuk memanfaatkannya atau tidak di pengaturan keyboard, sebagaimana dilaporkan Phone Arena dan dihimpun KompasTekno, Minggu (18/12/2016).

Jika pengguna memilih memanfaatkannya, pencarian apa pun bisa dilakukan sambil chatting dengan teman, mengirim e-mail, atau menulis catatan penting. Tak perlu lagi bolak-balik dari browser pencarian ke aplikasi.

Selain itu, ada juga dukungan tiga bahasa sekaligus alias multi-language untuk preferensi kata. Di keyboard Google sebelumnya, pengguna cuma bisa memilih satu preferensi bahasa. Lebih detailnya, berikut fitur-fitur baru yang bisa diperoleh dari Gboard di Android

1. Tombol pencarian "G"
2. Toolbar tambahan untuk mengakses tema, pengaturan, dan mode satu tangan (one-handed mode), hanya jika tak mengaktifkan tombol G.
3. Tombol-tombol khusus untuk angka yang tak menyatu dengan huruf (opsional).
4. Dukungan tiga bahasa untuk preferensi kata.
5. Pencarian untuk emoji.
6. Pengetikan gestur (gesture typing) kini disebut glide typing.
7. Tombol GIF selalu ditampilkan, namun tak muncul pada aplikasi-aplikasi yang tak mendukung.

Untuk mengunduh Gboard, silakan kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com