Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel BlackBerry Baru Buatan Indonesia Diuji Kominfo?

Kompas.com - 19/12/2016, 08:12 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - September lalu, BlackBerry bersama dengan Tiphone Mobile Indonesia membuat joint venture yang dinamakan PT BB Merah Putih. Perusahaan baru itu memegang lisensi untuk produk dengan merek "BlackBerry" di Indonesia.

Tak butuh waktu lama bagi BB Merah Putih untuk memproduksi ponsel oleh dan untuk Indonesia. Dalam kurun waktu tiga bulan, ponsel dengan nama model BBC100-1 sudah muncul di situs sertifikasi Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

BBC100-1 sendiri belum diketahui nama komersilnya. Dalam keterangannya hanya tertulis bahwa ponsel itu dibikin oleh pabrik di Indonesia dan diajukan oleh BB Merah Putih, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (19/12/2016).

Situs SDPPI Kominfo BB Merah putih sudah ajukan ponsel ke lembaga sertifikasi.

Model baru?

Diketahui, ponsel terakhir yang diluncurkan BlackBerry adalah DTEK60 Oktober lalu. Namun, ponsel itu diproduksi TCL yang memegang lisensi BlackBerry untuk pasar global.

Nama model untuk DTEK60 sendiri adalah BBA100-1, bukan BBC100-1. Ponsel lain yang rumornya santer beredar adalah BlackBerry Mercury. Namun, bocoran Geekbench ponsel tersebut menunjukkan nama model BBB100-1.

Kalau berdasarkan urutan nomor model, BBC100-1 tampak jadi handset BlackBerry terbaru. Isu seputar nama dan spesifikasi BBC100-1 belum beredar. Tak jelas pula apakah ponsel itu eksklusif untuk pasar Indonesia saja atau bakal dipasarkan secara global.

Bisa juga, BBC100-1 sejatinya adalah ponsel BlackBerry yang sudah dirilis secara global, namun spesifikasinya disesuaikan untuk pasar Indonesia. Karena itu dibutuhkan nomor seri yang baru.

Yang jelas, status BBC100-1 sudah masuk SP3 balai uji per 15 Desember lalu. Artinya, ponsel tersebut sudah lolos tahap administratif dari lembaga sertifikasi. BBC100-1 tinggal diuji oleh balai uji sesuai dengan surat pengantarnya.

Untuk melewati tahap selanjutnya hingga penerbitan sertifikat, estimasi waktu yang dibutuhkan maksimal 12 hari. Jika lolos, ponsel bisa langsung diluncurkan. Artinya, kemungkinan besar ponsel dirilis pada awal Januari 2017 mendatang. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com