Kompas.com - 19/12/2016, 09:41 WIB
|
EditorSri Noviyanti


KOMPAS.com –
Riset mendapati rata-rata orang Indonesia ternyata menghabiskan waktu berjam-jam bersama smartphone di genggaman. Kenapa dan buat apa saja?

“Orang (Indonesia) menghabiskan waktu sampai 5,5 jam per hari di hadapan smartphone," sebut Regional Director, Digital GFK Asia, Karthik Venkatakrishnan di acara Social Media Week 2016, seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (24/2/2016).

Kalimat itu datang berdasarkan hasil penelitian lembaga riset GFK mengenai perilaku pengguna internet di Indonesia. Salah satu temuannya adalah yang dikemukakan oleh Kathik tadi.

Dalam riset itu dijelaskan bahwa kegiatan pengguna memang tak selalu online. Aktivitas seperti mengirim pesan, mencatat sesuatu, dan membuka kalendar mungkin saja dilakukan. Namun, yang pasti, semua hal itu dilakukan dengan smartphone.

Penelitian yang dilakukan GFK adalah hasil observasi lima wilayah di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang, pada periode Oktober-November 2015.

Hasilnya, mayoritas orang mengakses internet rata-rata berusia di atas 13 tahun dan menggunakan smartphone.

Jumlah orang yang memakai smartphone mencapai 93 persen dari populasi pengguna internet. Jumlah ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan tablet dan komputer desktop.

"Pengguna tablet hanya mencapai angka 5 persen. Sementara pengguna desktop juga masih di angka 11 persen," tambah Karthik.

Cerminan hal itu berdampak pada jumlah penjualan smartphone yang pada rentang waktu tersebut mencapai 33 juta unit.

Mengatasi kebosanan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.