Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Notebook Air" Baru Xiaomi Meluncur Minggu Ini

Kompas.com - 19/12/2016, 11:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi menyebar poster acara peluncuran produk pada minggu ini, yakni Jumat (23/12/2016) mendatang. Produk yang dimaksud adalah laptop teranyar penerus Mi Notebook Air yang generasi pertamanya dirilis Juli 2016 lalu.

Belum ada spesifikasi yang diumbar. Namun beberapa informasi bisa dihimpun dari poster, meliputi slot kartu SIM yang mendukung jaringan 4G LTE.

Letak slot kartu SIM itu tampak pada sisi kanan laptop. Jaringan 4G LTE sendiri teridentifikasi dari layar laptop yang ditunjukan poster.

Xiaomi Xiaomi bakal luncurkan laptop baru pada 23 Desember 2016.
Prediksi upgrade dari Mi Notebook Air digadang-gadang terletak pada kualitas layar.

Jika sebelumnya hanya Full HD (1920 x 1080 piksel) nantinya akan jadi Quad HD (2560 x 1440 piksel), sebagaimana dilaporkan PhoneRadar dan dihimpun KompasTekno, Senin (19/12/2016).

Lagi-lagi, itu hanya prediksi semata. Belum jelas apa saja komponen yang ditingkatkan dari Mi Notebook Air generasi pertama.

Tentang Mi Notebook Air

Diketahui, Mi Notebook Air keluaran Juli 2016 lalu hadir dalam dua varian, yakni 12,5 inci dan 13,3 inci. Keduanya memiliki USB-C, port HDMI, dan audio jack 3,5mm.

Salah satu keunggulannya adalah laptop bisa dibuka dan dikunci menggunakan Mi Band 2. Di satu sisi kemampuan ini membuat penjajalan lebih praktis, di sisi lain Xiaomi seakan meminta pengguna membeli dua produk sekaligus.

Untuk varian 12,5 inci, spesifikasinya meliputi prosesor Intel Core generasi ke-6 dengan kecepatan maksimum 2,2 GHz, dipadankan dengan Intel HD Graphic 515 GPU. RAM-nya 4GB dan penyimpanan SSD-nya 128GB.

Lantas varian 13,3 inci diotaki prosesor Intel Core i5 generasi ke-6 dengan kecepatan maksimum 2,7 GHz. RAM-nya 8GB dengan penyimpanan SSD 256GB, beserta kartu grafis Nvidia GeForce 940MX sebesar 1GB.

Duo tersebut dijual eksklusif di China dengan banderol harga 3499 yuan dan 4999 yuan. Jika dirupiahkan, nilainya setara dengan Rp 7,7 jutaan dan Rp 9,6 jutaan.

Belum jelas apakah Mi Notebook Air generasi kedua bakal dibanderol lebih mahal, lebih murah, atau lebih kurang sama. Kepastian segala prediksi dan bocoran bisa diketahui beberapa hari ke depan.

Baca: Xiaomi Rilis Notebook Air, Penantang Laptop Tipis Apple

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com