"Super Mario Run" Bisa Sedot Data 1 GB Seminggu

Kompas.com - 19/12/2016, 16:55 WIB
Super Mario Run BGRSuper Mario Run
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Super Mario Run, game teranyar Nintendo untuk iOS, bisa dikatakan cukup sukses. Di hari pertama peluncurannya, game tersebut sudah diunduh sebanyak 2,85 juta kali dari seluruh dunia.

Meski begitu, game Super Mario Run ternyata membawa masalah bagi yang memiliki paket data cekak. Pasalnya, game dengan karakter utama tukang ledeng bernama Mario itu menyedot data dalam jumlah besar.

Menurut pengujian, Super Mario Run setidaknya menghabiskan 40 MB hingga 60 MB per jamnya. Itu artinya, pemain bisa menghabiskan hingga 180 MB jika memainkannya selama tiga jam dalam satu hari.

Jika dihitung-hitung lagi, Super Mario Run bisa menyedot data hingga 1,2 GB dalam seminggu. Dengan catatan, game ini dimainkan tiga jam sehari selama tujuh hari berturut-turut.

Baca: Nintendo Rilis Super Mario Run di iOS, Kapan Android Kebagian?

Game Super Mario Run memang menuntut iPhone atau iPad untuk selalu terhubung ke koneksi internet. Artinya, pemain tidak bisa memainkan game tersebut secara offline.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Senin (19/12/2016), tujuan "selalu online" itu untuk mencegah terjadinya pembajakan game. Pembajakan ditakutkan bisa membuat pengguna mendapatkan game utuh secara gratis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna memang diharuskan untuk membayar Rp 150.000 untuk membuka semua tingkat permainan (level). Pengguna memang tetap bisa memainkan secara gratis, meski hanya beberapa level saja yang terbuka.

Untungnya, masalah penggunaan data dalam jumlah besar itu tampaknya tidak akan berlangsung lama. Secara teori, Nintendo seharusnya bisa mengatasi hal itu.

Banyaknya pemain yang berusaha memainkan Super Mario Run sempat membuat server bermasalah. Koneksi ke server game menjadi "berat" dan rekoneksi dari pemain membuat penggunaan data menjadi begitu besar.

Oleh karena itu, secara teori Nintendo tampaknya bisa menyelesaikan masalah penggunaan data tersebut. Namun, untuk saat ini, sebaiknya memainkan game ini saat terhubung WiFi atau dengan paket internet tak terbatas (unlimited).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.