Kompas.com - 20/12/2016, 07:51 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pernah mengirim pesan ke kontak yang salah di WhatsApp? Selama ini tidak ada yang bisa dilakukan kecuali pasrah apabila pesan sudah terkirim.

Tetapi, di waktu yang akan datang nanti, WhatsApp kabarnya bakal menyediakan fitur untuk mengatasi kerepotan di atas. Fitur dimaksud adalah kemampuan menyunting (mengedit) atau menarik pesan yang telah terkirim.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengelola akun Twitter bernama @WABetaInfo yang selama ini dikenal menyajikan informasi dan bocoran seputar aplikasi WhatsApp.

Menurut @WABetaInfo, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IB Times, Selasa (20/12/2016), fitur penyuntingan dan penarikan pesan sudah ada di WhatsApp Beta versi 2.17.1.869 untuk iOS.

Sebuah video turut disematkan sebagai demonstrasi fitur yang bersangkutan. Dalam video tampak pengguna WhatsApp bisa menghapus pesan terkirim (ditandai dengan dua tanda centang) dengan opsi berbunyi "revoke message" di dalam aplikasi.

Video itu bisa dilihat di tautan berikut ini.

Apabila pesan terkirim memiliki attachment berupa dokumen teks, gambar, video, atau audio, maka lampiran itu akan turut terhapus begitu pengguna menarik pesan.

Fitur penyuntingan dan penarikan pesan yang sudah ada dalam WhatsApp iOS versi Beta tersebut saat ini dimatikan secara default karena masih terus dikembangkan.

Disebutkan pula bahwa penyuntingan dan penarikan hanya berlaku untuk pesan baru yang dikirim, bukan pesan lama. Akun @WABetaInfo tidak merinci seberapa lama umur pesan yang sudah tidak bisa disunting atau dihapus lagi.

Pihak WhatsApp sendiri belum mengeluarkan pengumuman resmi soal keberadaan fitur penyunting dan penarikan pesan.

Baca: Waspada, Penipuan Berkedok Aktivasi Video Call WhatsApp

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber IB Times

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.