Kompas.com - 20/12/2016, 08:41 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ponsel terakhir yang dirilis Apple di Indonesia adalah iPhone 6 dan 6 Plus pada Februari 2015 silam. Padahal, di pasar global, para fanboy Apple sudah bisa membeli iPhone 6S, 6S Plus, 7, dan 7 Plus di gerai-gerai resmi.

Masyarakat Indonesia bisa saja mendapat seri-seri anyar itu dengan dua cara. Pertama, membeli di negara tetangga seperti Singapura dan Australia. Kedua, membeli dari distributor tak resmi yang menjajakan barang ilegal alias black market.

Pilihan kedua tentu tak dianjurkan, meski nyatanya menjadi opsi yang cukup sering ditempuh para peminat iPhone di Tanah Air. Pasar black market pun makin menjamur karena tingginya permintaan.

Terkendala aturan TKDN

Kendalanya ada di aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) ponsel 4G yang ditetapkan pemerintah. TKDN adalah nilai atau persentase komponen buatan Indonesia yang dipakai dalam sebuah produk, dalam hal ini adalah smartphone berbasis jaringan 4G LTE.

Tujuannya untuk mengurangi defisit perdagangan akibat banyaknya barang impor yang masuk ke Indonesia. Bukan cuma Apple, vendor-vendor lain seperti Xiaomi dan OnePlus pun setahun belakangan ini tak bisa memasarkan ponsel 4G mereka karena terhalang aturan tersebut.

Pembahasan pemerintah soal TKDN sejatinya sudah dimulai sejak awal 2015 lalu, namun ketetapannya baru disahkan pada September 2016 ini. Gonta-ganti skema peraturan pun sempat terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada akhir 2015, pemerintah akhirnya memutuskan memberlakukan TKDN secara bertahap. Selama 2016, vendor global cuma diwajibkan memenuhi TKDN 20 persen lewat hardware maupun software. Komponen itu meningkat menjadi 30 persen per Januari 2017.

Baca: Kemenperin Resmikan Aturan TKDN Ponsel 4G

Skema terakhir yang disahkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat tiga aspek pemenuhan TKDN 30 persen tersebut, yakni lewat investasi hardware, software, atau investasi lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.