Kompas.com - 20/12/2016, 09:48 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pengguna Android yang ingin memainkan game Super Mario Run sebaiknya bersabar dan menunggu pengumuman resmi Nintendo. Pasalnya banyak yang memanfaatkan popularitas game tersebut untuk menyebarkan aplikasi palsu.

Hingga berita ini ditayangkan, Super Mario Run baru diluncurkan untuk sistem operasi iOS saja. Desas-desus yang beredar memprediksi game ini baru akan hadir di Android pada 2017 mendatang. Nintendo sendiri belum mengungkap kapan waktu perilisannya.

Sementara game resminya belum tersedia di Android, beredar banyak sekali Super Mario Run palsu yang disebarkan di Google Play Store. Permainan palsu ini tak langsung mengutip judul Super Mario Run, tapi menggunakan nama yang mirip.

Dua di antaranya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Cnet, Selasa (20/12/2016), adalah aplikasi yang mengambil judul Mario Run Jumper dan Super Plumber Run. Selain itu ada juga berbagai aplikasi yang menjanjikan bisa dipakai mengunduh dan memasang Super Mario Run ke ponsel Android.

Juru bicara Google mengatakan bahwa game palsu Mario Run Jumper sekarang sudah dihapus dari Play Store karena melanggar syarat dan ketentuan Google. Sedangkan berbagai aplikasi atau game sejenis, yang melanggar aturan toko aplikasi tersebut, akan terus dipantau dan ditindak.

Tidak ada APK Super Mario Run

Biasanya, saat game belum muncul di Google Play Store, pengguna cenderung berusaha mencarinya di sumber lain yang menawarkan dalam bentuk APK. Metode ini pernah digunakan banyak orang saat Niantic Labs meluncurkan Pokemon Go beberapa waktu lalu

Pada kasus Pokemon Go, situasinya berbeda. Kala itu pengembang permainan tersebut memang sudah membuatnya dalam versi Android, namun dengan pembatasan berdasarkan lokasi.

Dengan demikian, game Pokemon Go saat itu sudah ada di Google Play Store tapi terbatas di negara tertentu saja. Pengguna di negara yang bisa mengaksesnya bisa mengunduhnya dalam bentuk APK dan meletakkannya di internet agar bisa diakses orang dari lokasi mana pun, tanpa ada batasan.

Tapi untuk kasus Super Mario Run, jangan coba melakukan cara tersebut. Game Super Mario Run sama sekali belum meluncur dan dibuat dalam versi Android. Karena itu, berbagai judul yang ditawarkan dalam bentuk APK bisa dipastikan palsu.

Super Mario Run untuk Android sama sekali belum ada. Tak peduli di mana pun lokasi pengguna, game ini sama sekali tidak ada di Google Play Store, sehingga tidak mungkin APK-nya diunggah begitu saja ke internet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.