Sudah 2 Bulan Ditarik, Galaxy Note 7 Masih Banyak Dipakai

Kompas.com - 20/12/2016, 17:31 WIB
Tampak depan unit Galaxy Note 7. Di bagian atas layar, sejajar dengan kamera depan, terdapat iris scanner yang memindai mata pengguna untuk membuka kunci perangkat. Oik Yusuf/ KOMPAS.comTampak depan unit Galaxy Note 7. Di bagian atas layar, sejajar dengan kamera depan, terdapat iris scanner yang memindai mata pengguna untuk membuka kunci perangkat.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 7 sudah ditarik dari pasaran (recall) sejak dua bulan atau Oktober lalu. Keputusan itu menyusul masalah pada komponen baterai yang menyebabkan ponsel cepat panas hingga berisiko meledak.

Meski demikian, nyatanya masih banyak pengguna yang setia dengan Galaxy Note 7. Setidaknya begitu menurut lembaga penelitian pasar mobile, Apteligent.

Dalam laporannya yang berjudul 2016 Mobile Year in Review, grafik yang dibuat Apteligent menunjukkan penggunaan Galaxy Note 7 masih lebih tinggi ketimbang ponsel-ponsel premium lainnya yang sekelas.

Sebut saja LG V20, OnePlus 3T, dan HTC Bolt, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Selasa (20/12/2016).

Baca: Inikah Penyebab Pasti dari Rawan Terbakarnya Galaxy Note 7?

Apteligent Grafik penetrasi smartphone premium keluaran semester kedua 2016.

Untuk sebuah perangkat yang ditarik dari pasaran dan diberitakan negatif, posisi Galaxy Note 7 bisa dibilang masih kompetitif. Hal ini memperlihatkan masih banyak orang yang tak terpengaruh pada insiden-insiden ledakan Galaxy Note 7 tempo hari.

Bahkan, pada grafik Apteligent, Galaxy Note 7 tampak masih memimpin pasar pasca recall pertama pada September lalu. Di awal Oktober, grafiknya menunjukkan penetrasi puncak sebelum akhirnya turun signifikan pasca recall permanen pada 11 Oktober 2016.

Beberapa flagship yang sudah melampaui jumlah pengguna Galaxy Note 7 adalah Google Pixel, Pixel XL, Moto Z, dan Sony Xperia XZ. Perlu dicatat, grafik tersebut cuma menunjukkan penetrasi ponsel premium keluaran semester kedua 2016.

Di tiga peringkat teratas bisa dilihat Xperia XZ merajai basis pengguna secara global, kemudian disusul Pixel XL dan Pixel yang beda tipis. Laporan Apteligent sendiri tak menunjukkan jumlah penjualan unit secara spesifik, melainkan hanya berbasis persentase.

Jumlah penggunaan Galaxy Note 7 sendiri tampaknya bakal segera menurun. Pasalnya, Samsung berencana untuk "membunuh" Galaxy Note 7 yang masih dimiliki pengguna lewat update software.

Baca: Galaxy Note 7 Bakal Dibunuh lewat Pembaruan Software Mematikan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.