Aplikasi VSCO di iOS Dukung RAW dan Edit Foto

Kompas.com - 21/12/2016, 12:21 WIB
Ilustrasi aplikasi VSCO. VSCOIlustrasi aplikasi VSCO.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan dukungan editing foto format RAW di sistem operasi iOS 10. Perusahaan photo editing VSCO kini telah memanfaatkan kemampuan tersebut dengan meluncurkan fitur serupa di aplikasinya.

Dukungan RAW telah resmi tersedia di aplikasi VSCO versi terbaru (15.0) untuk perangkat iPhone tertentu, tepatnya iPhone 6, 6S Plus, 7, 7 Plus, dan SE yang menjalankan sistem operasi iOS 10.

Pengguna lima model iPhone itu kini bisa merekam, mengimpor, dan menyunting file foto RAW dalam format .DNG lewat aplikasi VSCO, seperti dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Rabu (21/12/2016).

VSCO Foto RAW bisa diedit dengan lebih bebas dibanding JPEG, misalnya dibuat jadi lebih terang (kanan) tanpa menghilangkan detil.
Foto RAW jauh lebih fleksibel untuk di-edit ketimbang file JPEG, karena tidak terkompresi dan masih menyimpan detail informasi gambar yang ditangkap oleh kamera.

Baca: iOS 10.2 Sudah Bisa Diunduh, Ini Fitur-fitur Barunya

“Dengan RAW, Anda bisa mengembalikan detail di highlights (area terang pada gambar) yang hilang, serta mengatur color balance dengan bebas,” terang VSCO dalam posting blog pengumuman.

Fitur lain yang turut ditambahkan dalam versi terbaru VSCO adalah preset “Film X” yang bisa diterapkan ke foto RAW. Tetapi, kemampuan ini hanya tersedia untuk para pelanggan VSCO X subscription atau berbayar.

VSCO menjadi aplikasi photo editing terbaru yang menambahkan dukungan RAW. Sebelumnya, aplikasi-aplikasi populer lain seperti Adobe Lightroom dan Snapseed telah lebih dulu memiliki fitur serupa.

Baca: 8 Aplikasi Edit Foto Terpopuler di Android

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X