Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Om Telolet Om" Justru Jadi Juara di Trending Topic Dunia

Kompas.com - 21/12/2016, 15:19 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber twitter

KOMPAS.com — Fenomena "om telolet om" semakin mewabah pasca-dibicarakan selebritas dunia di Twitter. Mulanya, DJ Snake dan Zedd yang mengicaukannya, lalu disusul rekan-rekan sesama DJ seperti Hardwell dan Martin Garrix.

Menurut pantauan KompasTekno, Rabu (21/12/2016) siang, sebanyak 637.000-an kicauan menggunakan kata kunci "om telolet om" di mikroblog berlogo burung itu.

Alhasil, Twitter menempatkan "om telolet om" sebagai topik terpopuler untuk cakupan dunia atau disebut Trending Topic (TT) Worldwide.

Pagi tadi, TT wilayah Indonesia sebenarnya sudah menampilkan "om telolet om" di urutan pertama. Namun, saat ini justru "om telolet om" sudah lengser dari 10 daftar TT Indonesia.

Wabah "om telolet om" justru makin menjadi-jadi di cakupan global. Ada tiga jenis netizen luar negeri yang meramaikan bahasan tersebut.

Jenis pertama adalah mereka yang masih bertanya-tanya apa maksud dari "om telolet om". Misalnya, duo DJ The Chainsmokers yang mengungkapkan rasa penasarannya via Twitter.

"Apa arti om telolet om?" tanya mereka via akun @TheChainsmokers.

Lalu yang kedua memberi jawaban bahwa "om telolet om" adalah guyonan Indonesia yang menjadi viral. Nah, jenis ketiga adalah mereka yang beropini soal "om telolet om", bahkan meresponsnya dengan karya.

Baca: Om Telolet Om Jadi Perbincangan Seleb Dunia di Twitter

Misalnya saja produser musik dan DJ asal Belanda, Hardwell, yang membuat video seakan-akan dirinya sebagai sopir bus dan membunyikan "telolet". Tautan kicauan video itu bisa dilihat di sini.

Ada juga duo musisi electronic dance music (EDM), Firebeatz, yang mengunggah video di akun YouTube mereka dengan judul "OM TELOLET OM VS FIREBEATZ".

Video itu ramai pula dibagikan di Twitter. Isinya merupakan remix bunyi "telolet" yang dijadikan musik dance elektronik ala Firebeatz.

"Haha seperti yang kalian minta, ini dia #OMTELOLETOM," kata akun Twitter @Firebeatz.

Pada deskripsi video, Firebeatz memberikan apresiasinya terhadap "om telolet om". Mereka juga mengindikasikan rasa cintanya terhadap Indonesia, padahal mereka duo dari Belanda.

Sudah lama di Indonesia

Halaman:
Sumber twitter
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com