Kompas.com - 22/12/2016, 07:00 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Mesin pencarian Google menampilkan doodle unik hari ini, Kamis (22/12/2016). Tampak dua pasang sepatu, satu berukuran besar dan satu lagi berukuran kecil. Seperti sepatu seorang ibu dan putra/putrinya.

Doodle tersebut tak lain untuk memperingati "Hari Ibu", sebagaimana pantauan KompasTekno. Di Indonesia, hari spesial bagi perempuan tersebut diperingati secara nasional.

Tanggal 22 Desember sendiri ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno di bawah Dekret Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

Baca: Mengapa Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini?

Sementara itu, di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Jerman, Italia, dan Jepang, Hari Ibu diperingati pada Minggu kedua bulan Mei.

Mulanya, Hari Ibu dirayakan dengan membebastugaskan sang ibu dari berbagai tugas domestik. Selama satu hari, masyarakat diajak merenungkan betapa besar peran seorang ibu untuk anak, suami, dan lingkungan sosialnya.

Lalu seiring perkembangan zaman, perayaan Hari Ibu telah banyak dimodifikasi. Ada yang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara serta kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Pada dasarnya, esensi hari ibu tak jauh-jauh dari penghargaan pada sosok ibu dan kaum perempuan pada umumnya.

Baca: Berkenalan dengan Tukang Gambar Google Doodle

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.