Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel dan Nokia Uji Coba Ekosistem IoT di Jaringan 4G

Kompas.com - 22/12/2016, 08:21 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Telkomsel bersama dengan Nokia melakukan uji coba teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) di jaringan 4G LTE. Uji coba ini dilakukan sebagai dukungan Telkomsel dalam pembentukan ekosistem Internet of Things (IoT) di Indonesia.

“Telkomsel melihat adanya kebutuhan di pasar IoT yang akan berkembang pesat di masa mendatang," kata Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (22/12/2016).

"Di dunia IoT, jaringan dibutuhkan untuk mendukung miliaran mesin-mesin yang dioperasikan secara remote untuk merekam dan menerjemahkan data yang kemudian digunakan untuk berbagai industri," imbuhnya.

Teknologi NB-IoT didesain untuk memenuhi kebutuhan ini, menyediakan kapasitas, jaringan yang andal dan aman. Selain itu jaringan NB-IoT memungkinkan jangkauan penetrasi indoor sangat dalam (deep indoor coverage) dengan kemampuan konsumsi daya rendah.

Pada kegiatan uji coba kali ini, Telkomsel dan Nokia menyimulasikan layanan telemetri untuk pemantauan lingkungan, di mana informasi mengenai temperatur, kelembapan, dan tekanan udara dikirim melalui sensor yang terhubung ke jaringan dengan konektivitas NB-IoT.

Uji coba dilakukan menggunakan metode Band Frequency 200 KHz pada frekuensi 1.800 MHz.

“Nokia berkomitmen untuk mendorong inovasi dan teknologi yang memampukan kita untuk hidup dengan saling terkoneksi," kata Robert Cattanach, President Director of Nokia Indonesia.

"Uji coba teknologi NB-IoT dengan Telkomsel ini juga menjadi momen penting dalam menunjukkan konektivitas IoT di kehidupan nyata,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com