Telkomsel dan Nokia Uji Coba Ekosistem IoT di Jaringan 4G

Kompas.com - 22/12/2016, 08:21 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Telkomsel bersama dengan Nokia melakukan uji coba teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) di jaringan 4G LTE. Uji coba ini dilakukan sebagai dukungan Telkomsel dalam pembentukan ekosistem Internet of Things (IoT) di Indonesia.

“Telkomsel melihat adanya kebutuhan di pasar IoT yang akan berkembang pesat di masa mendatang," kata Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (22/12/2016).

"Di dunia IoT, jaringan dibutuhkan untuk mendukung miliaran mesin-mesin yang dioperasikan secara remote untuk merekam dan menerjemahkan data yang kemudian digunakan untuk berbagai industri," imbuhnya.

Teknologi NB-IoT didesain untuk memenuhi kebutuhan ini, menyediakan kapasitas, jaringan yang andal dan aman. Selain itu jaringan NB-IoT memungkinkan jangkauan penetrasi indoor sangat dalam (deep indoor coverage) dengan kemampuan konsumsi daya rendah.

Pada kegiatan uji coba kali ini, Telkomsel dan Nokia menyimulasikan layanan telemetri untuk pemantauan lingkungan, di mana informasi mengenai temperatur, kelembapan, dan tekanan udara dikirim melalui sensor yang terhubung ke jaringan dengan konektivitas NB-IoT.

Uji coba dilakukan menggunakan metode Band Frequency 200 KHz pada frekuensi 1.800 MHz.

“Nokia berkomitmen untuk mendorong inovasi dan teknologi yang memampukan kita untuk hidup dengan saling terkoneksi," kata Robert Cattanach, President Director of Nokia Indonesia.

"Uji coba teknologi NB-IoT dengan Telkomsel ini juga menjadi momen penting dalam menunjukkan konektivitas IoT di kehidupan nyata,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.